:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisa trip distribusi angkutan lebaran dengan metode fratar

Rinaldo; Alan Marino, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Lebaran adalah hari libur umum yang mempunyai arti khusus dan dirayakan oleh umat yang beragama Islam. Telah menjadi tradisi sebagian masyarakat yang terlibat dalam perayaan tersebut di atas cenderung melakukan perjalanan. Yang lebih dikenal dengan mudik. Hal ini berakibat pada naiknya permintaan jasa angkutan, yang berlangsung secara simultan dan dalam periode pendek, baik untuk angkutan penumpang dalam kota, antar kota maupun angkutan barang. Propinsi DKI Jakarta yang masyarakatnya heterogen dan sebagian besar pendatang, mempunyai potensi untuk terjadinya bangkitan perjalanan dengan tujuan yang tersebar keberbagai daerah.
Untuk mangatasi permasalahan terseut dilakukan kajian tentang sebaran angkutan lebaran yang terjadi.
Tujuan studi ini adalah menganalisa sebaran perjalanan bus angkutan lebaran Januari 2000 dan mencari faktor pertumbuhan untuk memprediksikan sebaran perjalanan bus angkutan lebaran Desember 2000.
Metode Fratar digunakan untuk menganalisa data angkutan lebaran tanun 2000 dari tiga terminal utama di Jakarta yaitu terminal Pulo Gadung, terminal Kampung Rambutan dan terminal Lebak Bulus. Sementara regresi linier terhadap data sosio ekonomi dan demografi digunakan untuk memprediksi pertumbuhan angkutan lebaran.

Lebaran is a public holiday, which has special meaning and being celebrated by Moslems. It's been a tradition that some people, who celebrate this day, tend to travel or go for a trip. This Caused an increasing demand for public transportation that has been going on simultaneously and in a short period, either for intrazonal transportation, interzonal transportation or good transportation. DKI Jakarta, which has heterogeneous population and mostly came from other towns, is potential in generating trips.
To handle this problem should have study for trip distribution.
The objective of this paper is to analyze Trip distribution of Lebaran's transportation on January 2000 and find the growth factor transportation to predict trip distribution of Lebaran's transportation on December 2000.
Primary data was obtained from three bus terminals in Jakarta, such as Kampung Rambutan terminal, Pulo Gadung terminal and Lebak Bulus terminal. Meanwhile regression regional social, economic, and demography are use to predict the growth factor transportation.

 File Digital: 1

Shelf
 S34993-Rinaldo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S34993
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 56 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S34993 14-19-924195044 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20239129