:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Studi perbandingan aplikasi software Microsoft Project 2000 dan Primavera Suretrak Project Manager Ver. 3 pada manajemen proyek konstruksi

Fared Habibie Hasan; Yusuf Latief, supervisor; Bambang Trigunarsyah, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Pada saat ini seorang insinyur sipil harus lebih mengetahui berbagai disiplin ilmu yang sangat diperlukan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemeliharaan proyek konstruksi. Dan di dalam era teknologi informasi yang serba cepat ini, maka seorang insinyur sipil juga harus menguasai berbagai bidang yang menyangkut berbagai hal yaitu desain arsitektural dan analisa struktur. Studi kelayakan dan analisa finansial, serta tentunya operasi dan pengorganisasian proses konstruksi itu sendiri.
Proyek didefinisikan sebagai pekerjaan unit yang dibatasi oleh suatu durasi waktu yang memiliki awal dan akhir, serta dibatasi biaya dan sumberdaya. Berdasarkan definisi tersebut, maka diperlukan suatu manajemen/pengelolaan agar proyek mencapai tujuannya dengan berbagai kombinasi biaya, waktu dan sumberdaya yang paling optimal. Dalam mengelola suatu proyek konstruksi diperlukan suatu program aplikasi. Dan pada era informasi yang berbasis pada teknologi komputer pada saat ini, terdapat berbagai program aplikasi komputer (software) yang sangat berguna dalam mengelola suatu proyek konstruksi. Diantara berbagai program aplikasi tersebut ialah Microspft Project 2000 dan Primavera SureTrak Project Manajer ver 3.
Dengan kedua software tersebut, maka kita dapat melakukan proses work breakdown structure (wbs), perencanaan sumberdaya (resource planning), penjadwalan (scheduling), dan juga pengaturan biaya dan terutama proses controlling dan evaluation agar perencanaan yang kita lakukan dengan matang dapat diimplementasikan dengan baik. Namun keduanya mempunyai kemampuan yang berbeda yang cocok untuk tipe proyek/perusahaan konstruksi yang berbeda pula, karena itu penulis tertarik untuk membandingkan kedua software tersebut sehingga dapat diperoleh informasi sebagai bahan perbandingan untuk menentukan tipe software yang cocok untuk tipe proyek/perusahaan konstruksi yang berbeda tersebut. Dengan berbagai kelebihannya maka diharapkan kedua software tersebut dapat benar-benar dioptimalkan dalam perencanaan, pembangunan, dan pengorganisasian suatu proyek konstruksi oleh perusahaan konstruksi terutama di Indonesia.

 Metadata

No. Panggil : S35648
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 60 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S35648 14-20-269528359 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20239267