:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Aplikasi decision support system (DSS) pada proses seleksi project manager untuk proyek konstruksi. (Studi kasus: PT Pembangunan Perumahan)

Edith Indra Triyadi; Bambang Trigunarsyah, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Tenaga kerja merupakan salah satu sumber daya penting dalam pelaksanaan suatu proyek. Perusahaan kontraktor yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan suatu proyek dapat menyelesaikan proyek tersebut dengan berbagai cara dan metode, namun tanpa adanya keahlian, pengalaman, dan efisiensi dari tenaga kerja, pelayanan yang baik tidak akan dapat diberikan, sehingga reputas yang baik tidak akan dapat diperoleh. Dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik maka suatu perusahaan kontraktor dapat memberikan pelayanan yang baik sehingga akan memperoleh banyak keuntungan. Untuk mendapatkan SDM yang berkualitas maka perlu dilakukan proses seleksi yang selektif. Salah satu diantaranya ialah proses seleksi untuk posisi Project Manager (PM). Sebagai pemimpin pada suatu proyek, pemilihan project manager haruslah akurat. Permasalahan utama yang dihadapi ialah bagaimana memilih SDM yang tepat yang memiliki keahlian dan pengalaman yang sesuai dengan kualifikasi suatu proyek. Sistem seleksi dengan cara konvensional akan memakan banyak waktu dan akan sulit untuk dikontrol. Teknologi Expert System (ES) yang kini sedang berkembang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini. Semua informasi mengenai SDM dengan kualifikasi project manager akan dijadikan sebagai database yang dapat di update kapan saja. Proses selanjutnya ialah mendesain knowledge base yang berfungsi sebagai ""otak"" dari program ini. Hasil akhirnya ialah sebuah program yang dapat memilih individu yang tepat (baik dari segi keahlian maupun pengalaman) dari sejumlah SDM yang tersedia yang sesuai dengan kualifikasi suatu proyek. Program ini terbukti dapat digunakan dalam membantu proses pengambilan keputusan pada tahap seleksi SDM untuk posisi project manager (PM).

Human resources are one of the most important resources in construction phase of projects. Contractors which are responsible in construction phase of project can finish a project with so many ways and methods. But without skills, experiences and efficiencies, a good service cannot be served, which can cause a good reputation cannot be achieved. A very selective selection process is needed to recruit human resources with a good quality, and Project Manager recruitment is part of the selection process. As a leader in a project, the selection process of Project Manager must be accurate. The major problem is how to choose/select an appropriate individu that has skills and experiences which fit into a project's qualification. A conventional selection system takes a lot of time and hard ' to control. Decision Support System (DSS) which now is very popular in civil engineering can be used to solve this problem. All information about the staff with Project Manager qualification will be saved as a database which can update anytime. The next step/phase is to design a knowledge base which has functioned as 'a brain' of this program. The final result is a program which can select (based on his expertise and experience), from a member best candidate of human resources that are available and according to the project's qualification. This program is proven to be able to reduce the time needed in selecting the most approriate Project Manager for any particular projects.

 Metadata

No. Panggil : S34755
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 84 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S34755 14-21-24860405 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20239330