:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pencegahan pencemaran penerapan produksi bersih pada usaha jasa boga. (Studi kasus Proklamasi Catering Service)

Irana Adhitya Sari; El Khobar Muhaemin Nazech, supervisor; Setyo Supriyadi, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Lingkungan hidup merupakan penyangga kehidupan yang amat penting. Oleh karena itu melalui berbagai usaha perlindungan dan rehabilitasi, pengelolaan dan pengembangannya diarahkan untuk mempertahankan keberadaan lingkungan hidup dalam kesinambungan yang dinamis. Dan telah saatnya, bahwa dalam setiap pelaksanaan pembangunan perlu selalu diadakan penilaian mengenai pengaruhnya terhadap lingkungan hidup, agar setiap aksi terhadap pembangunan serta lingkungan hidup dapat berjalan dengan sebaik-baiknya. salah satu konsep pengelolaan lingkungan yang banyak diterapkan pada masa sekarang ini adalah dengan melakukan usaha tindakan pencegahan pencemaran. Konsep ini harus sudah mulai diterapkan sejak awal perencanaan suatu kegiatan, perancangan produk, pemilihan bahan baku, proses produksi, penggunaan produk sampai saat produk tersebut sudah tidak digunakan lagi. Dengan konsep ini, pencemaran yang timbul dapat diminimisasi dengan meminimalkan limbah yang akan dihasilkan selama proses pengolahan. Dengan demikian, limbah akhir dari sisa produksi dengan sendirinya juga akan berkurang sehingga perusahaan dapat mengoptimalkan biaya-biaya perngolahan limbah akhir selain itu juga akan berdampak baik bagi lingkungan alam. Usaha pencegahan pencemaran yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan melakukan efisiensi produksi dan penerapan produksi bersih, dimana dalam hal ini adalah efisiensi pada proses produksi dan pengolahan limbah. Tempat studi kasus adalah suatu usaha Jasa Boga yang bernama PROKLAMASI CATERING SERVICE. Dengan menyelidiki dan mengenali bahan baku dan proses produksi serta pengolahan limbah maka akan dapat dicapai efisiensi produksi, operasional, maintenance, dan manajemen. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji dan memberikan usulan pelaksanaan program pencegahan pencemaran dengan jalan mengefisiensikan produksi dan penerapan produksi bersih pada usaha Jasa Boga. Usulan yang diajukan diantaranya adalah menghemat penggunaan cup lunch box, menghemat kacang panjang dalam pembuatan nampan, meningkatkan upah karyawan, mengolah limbah dengan baik, efisiensi pengadaan bahan makanan dan dengan efisiensi penggunaan listrik. Semua usulan iitu akan mengefisiensikan biaya produksi dan mengurangi limbah yang terjadi jika diterapkan. Penelitian ini diharapakan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang usaha pencegahan pencemaran dengan melakukan efisiensi produksi dan penerapan produksi bersih.

Environment represent prop of vital life. Therefore ..through various effort protection and rehabilitation, management and its development are instructed to maintain existence of environment in dynamic continuity. And it's been the time that in every execution of development need always performed by assessment concerning its influence to environment, so that every action to development and environment can run as well as possible. One of the concept management of environment which many applied at a period of time is by conducting the effort of pollution prevention. This concept should have began to be applied since early planning an activity, scheme of product, choosing of raw material, production process, usage of product until the products have not be used again. With this concept, pollution of arising earns minimized with waste minimization to be yielded during the processing. Thereby, final waste of the rest production also will decrease by itself so that company can optimal costs processing of final waste, besides that also will affect goodness for natural environment. One of pollution prevention effort can be done is by conducting efficiency product and applying of cleaner production, which in this case is efficiency product process and processing of waste. I take the case study of a home industry so called PROCLAMATION CATERING SERVICE. By investigating and recognizing raw material and production process and also processing of waste hence will be able to reach production efficiency, operational, maintenance, and management. The purpose of this research is to study and give proposal implementation of pollution prevention program by efficiency product and apply of cleaner production at home industry. Raised proposal among others are to economize usage of cup lunch box, economical of string bean in making of tray, improving employees fee, process waste better, efficiency levying of food-stuff and efficiency usage of electrics. That entire proposal will efficiency cost production and lessens waste if it applied. This research is expected can acknowledge more about pollution prevention effort by conducting efficiency product and applying of cleaner production.

 Metadata

No. Panggil : S35422
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 67 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S35422 14-21-06962956 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20239451