Total Quality Management (TQM) merupakan sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi kepada kepuasan pelanggan dengan cara melibatkan pelanggan dan se1uruh.anggota organisasi. Total berarti seluruh sisteng Quality berarti karekteristik memenuhi kebutuhan pelanqgan dan Management berarti proses komunikasi dua arah. Biasanya TQM di-implementasikan pada bidang manufaktur, dan kita akan mencoba apakah TQM bisa di-implementasikan pada bidang pendidikan yang sudah banyak dipraktekkan di luar negeri (Inggris, Amerika dan Jepang). TQM dapat dicapai melalui pendekatan sbb:~ Fokus pada pelanggan (mahasiswa).~ Memiliki obsesi yang tinggi terhadap kualitas.~ Menggunakan pendekatan ilmiah dalam mengambil keputusan dan pemecahan masalah.~ Memiliki komitmen jangka panjang.~ Membutuhkan kerjasama tim (teamwork)~ Memperbaiki proses secara berkesinambungan.~ Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan.~ Memberikan kebebasan yang terkendali.~ Memiliki kesatuan tujuan.~ Adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan. TQM pada proses belajar-mengajar memfokuskan perhatian pada fungsi manajemen untuk mengubah usaha dosen dan mahasiswa selalu belajar. Kekuatan model belajar-mengajar TQM yaitu malalui pertemuan yang berkelanjutan, penciptaan kelompok belajar, penggunaan kerjaeama, perbaikan yang berkelanjutan, melihat umpan balik, pembagian tanggungjawab dan pembekalan pengajar. Diharapkan dengan Cara ini akan memberikan kontribusi pada pengembangan kualitas mahasiswa, lulusan, pengajar (dosen), dan secara umum kualitas institusi. |