Studi kasus penerapan konsep quality function deployment pada perbaikan mutu produk
Yudo Wibisono;
Hempi Nartomo Prayudi, supervisor
([Publisher not identified]
, 1996)
|
ABSTRAK Persaingan pasar yang makin keras, membuat pelanggan memiliki banyakaltematif dalam membeli produk-produk yang di tawarkan produsen. Agar dapatmemenangkan pangsa pasar atau setidaknya mempertahankan diri terhadap situasitadi, maka produk yang di buat harus disesuaikan dengan keinginan pelanggarnDengan kata lain mutu dari suatu produk, harus dilihat dari sudut pandangpelanggan sehingga orientasi berproduksi saat ini di arahkan kepada upaya,bagaimana cara agar dapat memenuhi atau memuaskan keinginan pelanggan.Sebagai pengguna akhir produk, pelanggan memiliki kebutuhan yang amatberagarn. Memahami secara baik keinginan pelanggan terhadap suatu pmduk, alcanmemudahkan produsen untuk merancang produk yang sesuai dengan persyaratanmereka Dilain pihak produsen memilild keterbatasan-keterbatasan guna memenuhiseluruh keinginan pelanggarmya. Karena keterbatasan tersebut, maka seluruhdepartemen terkait yang ada harus dilibatkan, agar dapat memenuhi keinglnanpelanggan. Hal ini sesuai dengan konsep Total Quality Management, yang menitikberatkan pada upaya pemenuhan kebutuhan pelanggan, melalui perbaikan prosesyang bersinambung serta menyeluruh (melibatkan seluruh sumber daya yang ada diperusahaan).Salah satu alat bantu dalam Total Quality Management, untuk mendapatkankeselarasan rerbaik, antara keinginan pelanggan dengan kemampuan prosesproduksi yang ada pada produsen, di kenal dengan nama Quality FunctionDeployment (QFD). Penerapan konsep ini, terutama sekali di peruntukkan padaproses perancangan produk baru. Dimana di harapkan produk akhir yang nantinyaterbentuk, lebih terjamin kesesuaiannya dengan kehendak pelanggan.Penerapan lain dari konsep ini dapat pula di terapkan pada produk yangtelah di produksi. Yakni untuk upaya perbaikan mutu produk, melalui penjabarankembali keinginamkeinginan pelanggan atas produk tersebut. Dengan demikianbagian dari produk yang belum sesuai dengan kehendak pelanggan, dapat disempumakan oleh produsen, sesuai bentuk perbaikan yang mereka inginkan. |
![]()
|
No. Panggil : | S36672 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1996 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | ix, 89 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S36672 | 14-19-506382847 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20240622 |