:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan bill of material pada kendaraan angkutan listrik dengan penerapan konsep modul

Y. Cahya Kristono; R. Danardono Agus Sumarsono, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

ABSTRAK
Penyusunan skripsi yang berjudul "Perancangan Bill of Material pada Kendaraan Angkutan Listrik dengan Penerapan Konsep Modul" ini dilakukan berdasarkan pendataan komponen pada prototipe Kendaraan Angkutan Listrik yang dibuat oleh tim yang terdiri dari pihak P2M Mesin FTUI dan mahasiswa tingkat akhir jurusan Mesin FTUI. Penulis dalam tim tersebut berada pada bagian design, drafting dan dokumentasi yang memfokuskan diri pada computer graphics design and drafting. Dalam pembuatan skripsi kegiatan yang dilakukan adalah pendataan komponen berupa gambar dari desain hingga komponen jadi. Selain itu pendataan dilakukan juga untuk mengetahui tipe komponen yang dibeli dan sistem-sistem yang digunakan.
Dalam perancangan bill of material ini pendataan komponen adalah dasar dari perancangan. Setelah seluruh komponen yang diperlukan didata maka dilakukan proses analisa perakitan dan analisa fungsional komponen untuk menentukan klasifikasi untuk komponen-komponen tersebut. Setelah klasifikasi komponen selesai, pembuatan bill of material dimulai dengan penerapan konsep modul yang dalam teori bill of material disebut dengan Modular Bill of Material. Penerapan konsep modul pada perancangan bill of material ini dilakukan dalam ruang Iingkup yang Iebih kecil, yaitu untuk variasi kornponen pada satu produk yang dalam hal ini adalah Kendaraan Angkutan Listrik.
Hasil dari perancangan berupa laporan bill of material yang terdiri dari klasifikasi berdasarkan fungsi (functional module), struktur produk secara Iengkap (bill of material pada KAL yang menunjukkan struktur dan index), dan bill of material itu sendiri. Selain itu untuk melengkapi penggunaan bill of material tersebut dibuat juga hasil dari pendataan komponen berupa gambar teknik.
Perancangan yang dibuat telah disesuaikan dengan penerapan konsep modul yang secara utuh, yaitu untuk beragam produk yang bervariasi. Sehingga dalam pengembangan KAL selanjutnya telah ada dasar untuk sistem pendataan produk selanjutnya dari prototipe ini.

 File Digital: 1

Shelf
 S36792-Y. Cahya Kristono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S36792
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vi, 23 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S36792 14-19-925187505 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20240677