ABSTRAK PT. Birotika Semesta (DHL), sebuah perusahaan yang bergerak di bidangjasa transportasi kargo udara. Pertumbuhan jumlah paket makin meningkat. Haltersebut menyebabkan beban pada proses sortir paket semakin bertambah. Hal initentunya harus diantisipasi, agar tidak mengurangi kualiias pelayanan karena waktusortir yang bertambah lama.Dari data peramalan rata-rata jumlah paket per hari, dapat ditentukan bebanmaksimum pada Sort Center, berdasarkan persentase distribusi jumlah paket dalamsatu harinya. Beban maksimum jumlah permintaan sortir ini, akan dipergunakansebagai landasan dalam melakukan penyeimbangan lintasan pelayanan yang ada. Selain penyeimbangan lintasan pelayanan dengan penambahan tenaga kerja,alternatif lainnya adalah dengan melakukan perbaikan dan penambahan fasilitassortir.Berdasarkan analisis biaya, ternyata biaya tahunan yang dibutuhkan untukmelakukan perbaikan dan penambahan fasilitas, lebih kecil dibandingkan denganbiaya tahunan terhadap metode penyeimbangan lintasan dengan hanya penambahantenaga kerja saja. Dengan analisis biaya tahunan ini juga terhadap tahun-tahunsebelum 2003, dapat diusulkan suatu alternatif pada perusahaan, untukmelaksanakan perbaikan dan penambahan fasilitas sortir pada tahun 1997, karenatahun ini memberikan biaya tahunan yang paling minimum. |