:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan program untuk sistem data base sifat dan analisa mikro mekanika komposit lamina

Catur Prihatini; Tresna Priyana Soemardi, supervisor ([Publisher not identified] , 1999)

 Abstrak

ABSTRACT
Pada saat ini, bahan komposit mengalami perkembangan yang pesat dalam berbagai aplikasi rekayasa karena sifat dan unjuk kerja yang dimilikinya dapat memenuhi kebutuhan para perancang. Bahan komposit merupakan kombinasi dua bahan atau Iebih yang memiliki sifat yang Iebih baik dibandingkan dengan sifat yang dimiliki bahan penyusunnya. Pada umumnya komposit tersusun atas dua komponen mama yakni matrix yang dapat terbuat dari polimer, keramik maupun metal dan bahan penguat (reinforcement) yang berbentuk serat maupun partikulat.
Sifat bahan komposit merupakan hasil interaksi antara bahan penguat dan bahan pengikatnya. Ditinjau dari aspek mekanika, komposit merupakan bahan anisotropik berbeda dengan bahan konvensional, seperti logam, yang umumnya bersifat isotropik. Untuk meninjau dan memprediksi sifat-sifat komposit dibutuhkan analisa mikro mekanika dan makro mekanika.
Analisa mikro mekanika dipergunakan untuk memprediksi sifat-sifat komposit (lamina) sebagai kombinasi sifat-sifat bahan penyusunnya.
Dalam tugas akhir dibahas perancangan program perhitungan untuk analisa mikro mekanika dengan pendekatan teori mekanika bahan, tanpa meninjau makro mekanika, dengan menggunakan alat bantu komputer. Program perhitungan untuk analisa mikromekanika lamina ini disusun dengan mengimpiemenmsikan persamaan-persamaan mikro mekanika dan dikembangkan dengan aplikasi perangkat lunakVisual Basic 5.
Hasil perhitungan perangkat Iunak mikromekanika ini berupa harga efektif sifat-sifat mekanik dan fisik lamina yang dapat dijadikan masukan dalam database lamina dan input untuk program perhitungan untuk analisa makromekanika Iamina maupun Iaminat.

 File Digital: 1

Shelf
 S37017-Catur Prihatini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S37017
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1999
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : x, 75 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S37017 14-19-811497877 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20241015