:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan belt skimmer sebagai alat yang digunakan untuk mengambil tumpahan minyak di laut

Danardhono Bayu Widagdo; Sunaryo, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Terjadinya tumpahan minyak di laut menimbulkan dampak yang sangat serius bagi ekosistem perairan tersebut Banyak usaha telah dilakukan untuk rnengatasi hal ini, tapi belum maksimal. Suatu usaha sccara mekanik dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan skimmer. Skimmer ini merupakan alat yang mengapung di perairan te!.api ada juga yang menjadi satu bagian dengan kapal. Lapisan tipis minyak yang berada di atas permukaan air dengan mekanisme khusus atau dengan menggunakan material khusus dapat diambil atau dipindahkan ke suatu tangki dan selanjutnya dengan mcnggunakan pompa mlnyak dalam tangki tersebut disedot. Material yang dipakai skimmer untuk mengambil Japisan minyak ini ada!ah merupakan material yang adhesif terhadap minyak Akan tetapi skimmer ini tidak dapat bekeija dengan rneksimat jlka lidak didukung oleh peralatan lain seperti boom. Boom selain berfungsi sebagai pencegah penyebaran minyak juga berfungsi untuk menebalkan lapisan minyak yang terperangk'dp. Dengan adanya boom ini akan membuat proses skimming menjadt maksimaL
Dalam Tugas Akhir ini dibahas mengenai proses perancangan skimmer dengan menggunakan sistem gabungan antara belt dengan absorb, atau biasa disebut belt skimmer tetpai proses pengambilan lapisan minyaknya dengan sorbent yang di lekatkan pada permukaan kontinuous belt. Banyak hal yang dilakukan dalam perancangan belt skimmer ini, mulai dari perancangan transmisi untuk putaran belt sampai pada penentuan material untuk semua bagian belt skimmer sehingga belt skimmer ini dapat mengapung pada permukaan air laut dan dapat bekerja dengan baik.

Oil spillage in the seu will cause avery serious oegative effect to the local water ecosystem. Many efforts has been made to prevent this from happening but not yet maximized. A mechanical approach can be done by using skimmer. Gennerally a skimmer is a floating devicc but sometimes a1sa attached to a ship. A thin layer of oil on the surface of water can be retrieved with a spesial mechanical device or by the mean of a spesial material and then moved into a tank, and then with the help of a pump the oli In the tank can then be pumped out The material used by a skimmer is a material which is adhesive to oii. But the skimmer wiiJ not function maximally if it is not supported by other device such as boom. The function of boom is to prevent futher spillage of oil and thicken the layer of trapped oit The boom wHl maximize the process of skimming.
This thesis will discuss the process of designing a skimmer using a combined method of belt and absorb, usually known as a belt sklmmer but the retrieval of the oil layer will use a sorbent which will be applied to the surface of the continuous belt Many thing should be done in designing this belt skimmer, starting from designing the transmission of the belt rotation to the deciding of the proper materials for all parts of this belt skimmer so the belt skimmer can float on the sea and funtion properly.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Danardhono Bayu Widagdo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S37194
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 55 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S37194 14-19-405961732 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20241155