ABSTRAK Pelanggan mempersyaratkan produk (barang/jasa) yang memuaskankebutuhan dan harapannya. Kebutuhan dan harapan peianggan (Voice ofCustomer) selalu berubah, dan untuk itu organisasi perlu memperbaiki ataumeiakukan improvisasi secara berkesinambungan terhadap produk danprosesnya.Guna mengantisipasi kebutuhan dan harapan pelanggan yang selaluberubah dan mengimprovisasi (memperbaiki) proses dan produk, makadibutuhkan alat bantu berupa sistem informasi produk yang dapat dengan segeramenganalisa kebutuhan dan harapan pelanggan saat ini dan akan datangmenjadi quality effort (improvement).Alat bantu dalam bentuk software program QFD diupayakanpengembangannya untuk diaplikasikan pada data-data suara pelanggan tentangkualitas yang rnereka butuhkan dari produsen mobil Opel dan juga persepsimereka tentang kualitas mobil Toyota sebagai pesaingnya.Penggunaan software selelah diisi dengan data-data suara pelanggandiuji keakurasiannya dengan peraiatan yang digunakan seoara manual. Danternyata bahwa peralatan itu sangat akurat dan dapat menghasilkan diagrammatriks rumah kualitas, dengan tempilan data-data yang perlu menjadi perhatianpihak predusen demi menghasrlkan kualitas tertentu yang diinginkan parapelanggan.
|