:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Managemen pengadaan material dari awal pemesanan sampai penerimaan di PT. X

Bimbo Ratuk; Yanuar, supervisor ([Publisher not identified] , 2000)

 Abstrak

ABSTRAK
Tugas akhir ini penyajikan proses pengadaan material dari perusahaan PT. X yang bergerak dibidang perminyakan dari awal pemesanan material sampai dengan tibanya material tersebut ke pemesan (user), perrnasalahan yang terjadi selalu proses tersebut serta langkah-Iangkal yang ditempuh untuk memperbaiki pemiasalalian yang ada sehingga proses pengadaan material dapat lebih efisien.
Pada penulisan tugas akhir ini penulis hanya menitik beratkan pada proses pengadaan untuk barang yang sumbemya didapat dari dalam negeri sendiri. Maksud pembahasan ini adalah untuk mengetahui proses pengadaan material dari awal pemesanan material sampai dengan diterimanya material tersebut oleh pemakai (user) secara global dan juga untuk mengetahui pentingnya peranan material managemen dalam proses pengadaan material dari suatu perusahaan.
Pengadaan material di PT. X dilakukan oleh 4 departemen yang berbeda tapi didalam satu divisi yang disebut dengan Materials and Equipment Division. Ke-empat departemen itu adalah Purchasing and Material Control, Purchasing, Traffic, Warehouse. Masing-masing departemen mempunyai tugas yang spesifik namun saling berhubungan erat satu dengan lainnya, sehingga kerjasama antara tiap-tiap departemen tersebut sangat diperlukan. Dalam proses pengadaan material didapati beberapa hambatan dari tiap-tiap departemen yang menyebabkan tingginya pengeluaran (cost) dari PT. X. Untuk mengurangi biaya (cost) yang tinggi tersebut, langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan meningkatkan managemen material di PT. X.
Hasil akhir dari peningkatan managemen material ternyata terbukti dengan berkurangnya beberapa biaya (cost). Hal tersebut dapat dilihat dari parameter yang digunakan, diantaranya adalah Inveutory Turn Over Ratio, Service Levef, Lead Time, Not In Stock dan Surplus and Write-Off.

 File Digital: 1

Shelf
 S37659-Bimbo Ratuk.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S37659
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2000
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 47 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S37659 14-19-987336550 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20241239