:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan alat pengering kertas daur ulang sederhana

Humaini Hamzah; Hendri Dwi Saptioratri Budiono, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Perancangan merupakan hal yang sangat panting dalam dunia teknik, proses perancangan merupakan penerapan konsep-konsep dari berbagai ilmu-ilmu keteknikan yang dipadukan dengan sentuhan kreativitas. Fungsi dari perancangan adalah mendefinisikan karakteristik dari produk sehingga dapat bersesuaian dengan kebutuhan pasar, sehingga memahami kebutuhan pasar merupakan langkah penting untuk kesuksessan perancangan.
Skripsi ini mencoba untuk membuat konsep perancangan sebuah alat pengering kertas daur ulang sederhana yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan menganalisa hal-hal yang sering terjadi pada proses pengeringan. Pengumpulan data mentah dari konsumen dilakukan melalui wawancara di Suku Dinas Kebersihan Jakarta Pusat dan LSM Masyarakat Peduli Lingkungan di Cilandak. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dalam 1 jam, alat ini mampu mengeringkan 285 gram air yang terkandung di dalam kertas daur ulang basah.

Design has always been important in all engineering practice, the design proses involves the application of conceps from engineering science topic coupled with creative touch. The design function leads the definition of the physical form of the product to best meet costumer needs, so understanding costumer needs is a significant step to succesful design.
This thesis attempts to make a design concept of a recycled paper drying machine that is appropriated with costumer needs and identify feature common in dyring process. Gathering raw data from costumers is done by interviewing costumers at Cleaness Official of Central Jakarta and Nongovemment Organization "Masyarakat Peduli Lingkungan" at Cilandak.Test result shows that in 1 hour this machine is able to dry 285 gram water in wet recycled paper.

 File Digital: 1

Shelf
 Hamzah Humaini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S37093
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 48 hlm. : ill. ;30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S37093 14-21-00847783 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20241467