:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Studi tentang hysteresis perubahan relative humidity udara sebagai akibat proses adsorpsi dan desorpsi zeolit alam Cikalong-Tasikmalaya jenis modernit dan zeolit alam Lampung jenis klinoptilolit

Adenta Wicaksono; Muhammad Idrus Alhamid, supervisor ([Publisher not identified] , 2003)

 Abstrak

Penelitian ini ingin mengetahui seberapa besar kemampuan zeolit jenis ini dalam menyerap dan melepaskan uap air pada kondisi udara tertentu sebagaimana menindaklanjuti penelitian sebelumnya. Proses aktivasi dilakukan dengan memanaskann zeolit hingga temperatur 120°C selama kurang lebih 2 jam. Penelitian yang dilakukan adalah proses pencarian kurva hysteresis dilakukan pada empat variasi temperatur yiatu temperatur ruangan, 25°C, 33°C dan 35°C denganlaju aliran fluida 1.2 m/s dan tekanan 1O1,4 Kpa.
Penelitian ini dilakukan dengan melihat seberapa besar perpindahan massa uap air dari udara sistem kc zeolit hingga tercapai kesetimbangan di antara keduanya serta hubungan antara massa yang diserap dengan perubahan relative humidity udara sistem yang diperoleh. Setelah itu dilakukan proses regenerasi atau proses melepaskan uap air yang dikandung di dalam zeolit sampai temperatur tertentu dimana massa uap air yang hilang tidak bertambah lagi. Dari data yang diperoleh dapat diketahui seberapa besar penambahan dan pengurangan massa yang terjadi akibat proses penyerapan dan penglepasan tersebut.
Dari grafik hubungan antara perubahan massa dengan waktu, equilibrium moisture content dengan relative Humidity dapat diketahui kemampuan maksimum zeolit dalam menyerap dan melepaskan uap air. Dari grafik banyaknya massa yang diserap zeolit dengan perubahan RH didapat bahwa pertambahan RH akan diikuti dengan pertambahan banyaknya massa yang diserap zeolit. Sebaliknya, banyaknya massa yang dilepaskan zeolit dengan perubahan RH didapatkan bahwa penurunan RH akan diikuti berkurangnya massa yang terdapat dalam zeolit. Akibat dari kedua proses yang berlawanan tersebut akan terbentuk kurva hysteresisnya.

 File Digital: 1

Shelf
 Adenta Wicaksono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S37058
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 72 hlm. : ill. 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S37058 14-17-304601155 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20241478