:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan sistem user tracking pada sistem kuliah online di Jurusan Elektro FTUI dan penerapannya pada jarkom online

Udhy Baidhowy; Anak Agung Putri Ratna, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Suatu Sistem lcullah online yang balk adalah sistem yang mampu mencatat setiap aktivitas user selama berada dalam sistem, di mana catatan ini dapal menggantikan fungsi absensi yang biasa dilakukan pada jenis kuliah di kelas. Catatan ini juga akan bermanfaat untuk mengetahui dan mengamati perkembangan belajar user. Sistem ini dilcenal dengan user tracking.
Sistem ini akan sangat menarik dan bermanfaat jika dapat diterapkan di lingkungan akademis, khususnya di Jurusan Elektro FTUI. Untuk itu, skripsi ini mencoba untuk merancang suatu sistem kuliah online dengan mengkhususkan pada perancangan Sistem user tracking dan menekankan pada tampilan hasil pencatatan dalam sebuah halaman web yang bersifat online, user friendly, up to date, dan informatif. Sistem user tracking ini akan diintegrasikan pada halaman materi kuliah dan pada kuis online. Mekanisme yang dilakukan adalah mencatat semua data yang dibuluhkan dari user (sc-:perti nama, NPM, halaman yang diakses, dan waktu akses) setiap kali user mengakses suatu halaman pada materi kuliah dan setiap kali user menyelesaikan kuis online.
Proses pengambilan data dilalcukan berdasarkan uji coba yang telah berhasil dilakukan dari tanggal 27 Juni - 2 Juli 2002. Dari data tersebut didapatkan jumlah user sebanyak 18 orang, jumlah total akses ke materi sebanyak 227 akses (36,56% pada Bah 1 dan 63,44% pada Bab 2), akses rata-rata per bab sebanyak 56,75 kali, akses rata-rata per hari sebanyak 32,43 kali, dengan akses terbanyak l4l kali pada hari Kamis, akses rata-rata per jam sebanyak 9,46 kali dengan akses terbanyak pada jam ll slang (43,6l%). Kuis dilakukan sebanyak clua kali. Pada Kuis l nilai rata-rata 71,59 dengan sisa waktu terbanyak 11 rnenit 49 detik, dan terendah 3 menit 50 detik. Pada Kuis 2 nilai rata-rata 51,70 dengan sisa waklu terbanyak 7 menit 55 detik, dan terendah 0 detik.
Dari data tersebut dapat dianalisa bahwa frekuensi akses user ke materi dapat mempengaruhi hasil kuis user tersebut. Bah 2 sebaiknya dievaluasi. Penjatahan akses user ke sistem Jarkom Online di student corner perlu dilakukan untuk menghindari akses yang terlalu banyak pada hari dan jam tertentu.

 File Digital: 1

Shelf
 S39811-Udhy Baidhowy.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S39811
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 60 hlm.il.30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S39811 14-22-28223001 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20242246