:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Rancang bangun antena mikrostrip segitiga sama sisi bercelah untuk operasi frekuensi ganda dengan teknik pencatuan tergandeng secara elektromagnetis

Gita Ranuhardi; Eko Tjipto Rahardjo, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Banyak sistem komunikasi yang dapat mengaplikasikan antena mikrostrip frekuensi ganda. Dan karena ukuran fisiknya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan antena mikrostrip persegi dan lingkaran pada frekuensi kerja yang sama, penggunaan antena mikrostrip segitiga sama sisi yang beroperasi pada frekuensi ganda mulai menarik banyak perhatian.
Pada skripsi ini telah dilakukan rancang bangun antena mikrostrip segitiga sama sisi dengan teknik pencatuan tergandeng secara elektromagnetis dan diberi celah untuk menghasilkan frekuensi ganda. Antena rancangan merupakan suatu antena yang bekerja pada dua buah frekuensi yang beroperasi disekitar frekuensi 4 GHz. Antena hasil rancangan dibuat untuk meningkatkan sempitnya karakteristik lebar pita antena mikrostrip dengan menggunakan dua Iapisan substrat dengan ketinggian yang sama. Operasi frekuensi ganda diperoleh dengan teknik Reactively-loaded, yaitu dengan menambahkan celah pada salah satu sisi segitiga sama sisi.
Dari hasil pengukuran diperoleh bahwa posisi pencatuan terbaik diperoleh dengan mencatu segitiga dari salah satu sudutnya dcngan panjang inset 0,440Am, Diperoleh juga bahwa penambahan celah tidak mengubah frekuensi resonan utama dan dibutuhkan panjang celah tertentu untuk menimbulkan frekuensi resonan kedua. Pembangkitan dua buah frekuensi resonan optimal yaitu pada 3,56 GHz dan 4,197 GHz diperoleh untuk panjang celah 0,269Am. Selain itu, penggunaan teknik pencatuan tergandeng secara elektromagnetis dapat menghasilkan frekuensi utarna dengan lebar pita 6,1%.

 File Digital: 1

Shelf
 Gita Ranuhardi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S39218
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 58 hlm.: ill. 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S39218 14-22-67767418 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20242323