:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Desain dan implementasi sistem pakar berbasiskan aturan dalam konsultasi pengambilan mata kuliah pilihan

Adi Krisna; Anak Agung Putri Ratna, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Kecerdasan adalah kemampuan untuk belajar dan memahami, untuk memecahkan masalah dan untuk membuat keputusan. Perancangan sistem pakar berbasiskan aturan (rule based expert system) yang berbasiskan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), memungkinkan sebuah sistem komputer bisa menyerupai proses pemikiran dan pengetahuan seorang pakar yang memiliki kecerdasan untuk memecahkan permasalahan yang kompleks.
Rule based expert system memiliki inference engine, yang mampu memilih solusi terbaik berdasarkan situasi yang dihadapi oleh manusia dan aturan-aturan yang diterapkan. Dari segi fleksibilitas, rule based expert system mempunyai sifat fleksibel, yang dapat diandalkan setiap waktu.
Implementasi rule based expert system pada sistem akademik kampus, seolah-olah akan dapat menghadirkan seorang pakar akademik, untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mahasiswa. Pakar akademik ini dapat diandalkan karena dapat memahami dan memecahkan masalah yang ditanyakan, dan yang terpenting dapat dijumpai setiap saat oleh mahasiswa.
Sistem pakar berbasiskan aturan dalam konsultasi pengambilan mata kuliah pilihan yang diterapkan pada Departemen Elektro FTUI ini menggunakan teknik inferensi forward chaining, dengan pilihan solusi dan penjelasan yang semuanya berjumlah delapan belas buah. Jadi mahasiswa sebagai user, nantinya hanya akan ditawarkan salah satu dari delapan belas sokusi, sebagai pemecahannya.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Adi Krisna.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S39967
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 75 hlm. : ill. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S39967 14-22-31484944 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20242354