:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Rancang bangun sistem diagnosa kerusakan sistem kendali mesin kendaraan Mitsubishi berbasis mikrokontroler Atmega 16

(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Teknologi kendaraan bermotor terus mengalami perkembangan seiring dengan berkembangnya kemajuan ilmu pengetahuan di bidang elektronika dan komputer. Sistem kendali mesin pada kendaraan bermotor sudah banyak yang dilengkapi dengan mekanisme elektronika yang terkomputerisasi, menggantikan mekanisme mekanik yang umumnya digunakan dalam sistem kendali mesin.
Salah satu dampak yang ditimbulkan adalah penggunaan karburator dalam sistem injeksi bahan bakar sernakin berkurang, peranannya digantikan dengan teknologi injeksi malty poinr. Pada teknologi ini, banyak komponen mekanik yang fungsinya digantikan oleh sensor dan aktuator elektrik. Penggunaan teknologi ini diikuti pula oleh fitur-fitur baru seperti transmisi otomatis, auto cruise control dan sistem pengereman otomatis.
Perubahan teknologi ini membawa perubahan dalam rnekanisme perawatan dan metode diagnosa kerusakan kendaraan. Metode yang dilakukan untuk mendiagnosa kerusakan sistem kendali mesin adalah dengan cara membaca sinyal-sinyal elektrik yang terdapat dalam sistem kendali mesin. Namun sayangnya saat ini belum banyak bengkel ataupun pemilik kendaraan yang dapat membaca sinyal-sinyal tersebut.
Dalam skripsi ini dibuat suatu instrumentasi yang dapat membaca sinyal-sinyal elektrik yang terdapat sistem kendali mesin. Instrumentasi yang dibuat dapat digunakan untuk mengidentifikasikanjenis kerusakan sistem kendali, untuk mengecek kelayakan IC Regulator dalam sistem pengisian akurnulator, dan bahkan merekam sinyal-sinyal yang dikirimkan sensor ke UKM. Penggunaan instrumentasi tersebut dilengkapi dengan interface ke komputer unluk kemudahan penggunaan dan untuk menampilkan sinyal-sinyal secara visual.

 File Digital: 1

Shelf
 S40049-Berliano Putra Utama.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S40049
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 68 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S40049 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20242374