:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Uji coba dan evaluasi Content Management System (CMS) untuk sinkronisasi presentasi multimedia berbasis Synchronized Multimedia Integration Language (SMIL)

Tri Hantoro; Kalamullah Ramli, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Powerpoint merupakan pilihan utama dalam melakukan presentasi dan e-learning. Namun aplikasi ini masih kurang efektif dan efisien, pelajar (dalam hal ini mahasiswa) hanya mengetahui garis besar materi kuliah dan Powerpoint. Agar keseluruhan materi dapat disampaikan, dibutuhkan media lain yang dapat mendukung presentasi dosen. Salah satu media yang dapat digunakan untuk membantunya adalah video. Melalui video, dosen merekam presentasinya, kemudian menjalankan video tersebut bersama Powerpoint dalam satu presentasi. Teknologi yang memungkinkan hal ini adalah Synchronized Multimedia Integration Language (SMIL). SMIL merupakan bahasa markup yang dijadikan standar untuk sivkromsasi file-file multimedia. Skripsi ini akan membahas tentang SMIL.
Selain itu skrispsi ini juga akan membahas perancangan, uji coba, dan evaluasi Content Management System (CMS) berbasis web untuk pembuatan file SMIL. CMS ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman web yaitu PHP (PHP: Hypertext Preprocessor) dan perancangannya dilakukan dengan UML (Unified Modelling Language) yang direpresentasikan dalam diagram-diagram antara lain use case dan activity. Hasil yang diperoleh skripsi ini antara lain mekanisme pembuatan file SMIL dengan uji coba fungsional, kinerja manajemen content dengan uji coba kinerja dan evaluasi aplikasi dengan angket jajak pendapat. Diharapkan aplikasi ini dapat membantu perkuliahan di Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 S40755-Tri Hantoro.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S40755
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 57 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S40755 14-17-412470766 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20242599