:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis redaman di luar bangunan (outdoor) pada sistem komunikasi bergerak seluler di PT. Telkomsel Wilayah Kab. Banyumas

Rustanto; Rochmah N. Sukardi, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Kehilangan lintasan (path loss) merupakan perbedaan daya efektif yang dipancarkan dan kuat sinyal yang diterima. Redaman/pathloss bergantung pada profil wilayah yang dilalui lintasan sinyal. Ada beberpa model yang dikembangkan untuk memprediksi besarnya redaman ini.antara lain model Okumura Hata dan model Lee. Penelitian ini memfokuskan pada pengukuran Rx level yang diterima mobile station (MS) untuk klasifikasi BTS di daerah urban, suburban, dan terbuka. dengan mengamati tinggi antena pemancar dan penerima, daya pancar BTS, daya terima, penguatan antena pemancar dan penerima, jarak BTS dan MS, frekuensi pembawa. Parameter tersebut digunakan dalam perhitungan redaman menggunakan model Lee dan Okumura hata guna mengetahui nilai redaman teoretis.Hasil perhitungan akan dibandingkan dengan pengukuran di lapangan. Kedua perhitungan redaman teoritis akan dianalisis keuntungan dan kelebihannya.

Path loss is the difference of effective transmitted power with received signal. The PATHLOSS level of Path loss is depend on regional profile which passed by transmitted signal. There are several models like Okumura Hata model and Lee model that can be used to estimate path loss level. This research is made to analyze path loss by both models, in order to measure RX level received by mobile station for urban, sub urban and open BTS classification area. This research observes several parameters which used to calculate theoretical path loss level by Okumura hata and Lee models. The parameters are height of BTS and MS, BTS transmit power, receive power, gain, distance between BTS-MS, and carrier frequency. The theoretical calculation result will be compared with actual measurement and then will be analyze.

 File Digital: 1

Shelf
 S40362-Rustanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S40362
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 54 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S40362 14-22-81494658 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20242705