:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan dan implementasi sistem keamanan dengan menggunakan socks server untuk web server

T. Fadhil Makhdy; Anak Agung Putri Ratna, supervisor; Henri K. Christiaan, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996)

 Abstrak

Perkembangan jaringan komputer yang sangat pesat saat ini seiring dengan berkembangannya jaringan Internet, membuat komunikasi antar komputer menjadi lebih Was. Pertukaran informasi antar satu komputer dengan komputer lainnya menjadi lebih cepat dengan menggunakan jaringan Intemet. Dengan semakin terbukanya kesempatan seseorang untuk mengakses suatu komputer maka suatu sistem keamanan sangat dipedukan untuk mengamankan komputer tersebut. Langkah pengamanan tersebut diambil dikarenakan data dan informasi penting yang terdapat pada suatu komputer, yang tidak dapat diakses oleh sembarang orang.
Salah satu sistem keamanan untuk jaringan komputer yang banyak diterapkan saat ini adalah Firewall. Firewall adalah komponen atau kumpulan komponen yang dapat membatasi akses antara jaringan internal yang dilindungi dengan jaringan eksternal misalnya jaringan Intemet. Salah satu komponen dari firewall tersebut adalah SOCKS server.
SOCKS server merupakan program aplikasi firewall yang dapat membatasi akses suatu jaringan komputer dan juga dapat menyembunyikan informasi-informasi penting yang berkaitan dengan jaringan komputer. Pada SOCKS server terdapat konfigurasi yang sangat menentukan keberbasilan dari sistem keamanan ini. Konfigurasi tersebut berperan untuk membatasi akses dari suatu jaringan, sekaligus untuk membuat suatu jaringan komputer menjadi aman.
Penulisan tugas akhir ini merupakan perancangan dan implementasi sistem keamanan pada jaringan komputer dengan membuat konfigurasi terbaik dari SOCKS Server yang terdapat pada firewall host untuk melindungi web server dan host pada jaringan internal, dan koneksi yang dilakukan oleh host di jaringan eksternal. Konfigurasi ini selain untuk membatasi akses dari jaringan eksternal, juga dapat membuat koneksi dari host di jaringan internal ke host pada jaringan eksternal menjadi lebih aman. Kemudian akan ditambahkan dengan konfigurasi dan filter yang dapat melindungi firewall host.

 Metadata

No. Panggil : S38938
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 61 hlm., ill., 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S38938 14-22-60778228 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20243500