:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Implementasi aplikasi groupware berbasis internet dengan menggunakan lotus notes sebagai infrastruktur groupware

I David Agung Satrio; Bagio Budiardjo, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

Pengolahan dan pertukaran informasi merupakan bagian yang penting dalam abad informasi saat ini. Pengolahan dan pertukaran informasi secara efektif dan terkoordinir dapat dilakukan dengan groupware. Groupware merupakan sistem informasi yang memungkinkan data aplikasi dipakai secara bersama-sama oleh tiap-tiap anggota suatu kelompok kerja dengan koordinasi yang baik. Groupware menggantikan sistem database terpadu yang muncul lebih awal.
Saat ini terdapat sistem informasi berbasis intranet yang merupakan pesaing sistem informasi groupware. Namun karena lemahnya sistem informasi berbasis intranet terutama Bari segi keamanan dan kemudahan dalam pembuatan aplikasi, maka sistem informasi groupware tetap yang menjadi pilihan riomor sate sistem informasi yang ada scat ini.
Groupware memiliki tiga fungsi utama yaitu : komunikasi, kolaborasi dan koordinasi. Ketiganya membentuk infrastruktur groupware. Salah satu infrastruktrur groupwt-we yang banyak digunakan yaitu Lotus Notes. Beberapa kelebihan Lotus Notes sebagai infrastniktur groupware antara lain : adanya domino server sebagai Web server, kemampuan melakukan replikasi data, dapat diprogram dan keamanan yang handal.
Dalam skripsi ini dibangun sebuah aplikasi groupware berbasis internet dengan mempergunakan Lotus Notes sebagai infrastruktrur groupware yang diberi judul "Belanja Melalui Internet". Aplikasi belanja melalui internet memperlihatkan ketiga fungsi utama sistem groupware yaitu : komunikasi dengan contohnya e-mail, kolaborasi dengan contohnya diskusi elektronik dan koordinasi dengan contohnya otomatisasi workflow. Aplikasi Belanja melalui internet tidak memperlihatkan seluruh kemampuan groupware sebagai sistem informasi namun cukup memberikan gambaran mengenai kelebihan groupware sebagai sistem informasi scat ini.

 Metadata

No. Panggil : S38816
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 39 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.,
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S38816 14-22-12089376 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20243665