:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Implementasi pengontrolan melalui internet untuk peralatan elektronika rumah

Bambang Prasono W.; Riri Fitri Sari, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998)

 Abstrak

Web Enabled Devices adalah sebuah teknologi baru yang memungkinkan pengontrolan suatu peralatan melalui internet. Hal ini dapat dimungkinkan dengan perkembangan internet terkini yang menyediakan fasilitas komunikasi interaktif antara user dan server. Teknologi pengontrolan melalui web ini tentu tidak terlepas dari perkembangan teknologi World Male Web, web browser dan web server. Dalam tugas skiripsi ini telah dilalcukan usaha untuk merancang dan membangun sebuah proyek Web Enabled Devices yang didesain untuk mengontrol peralatan rumah.
Dalam implementasinya, proyek ini memakai beberapa perangkat lunalc pendukung, diantaranya adalah Borland Debnhi 3.0 unmk pembuatan program pengontrol. Selain itu digunakan lmcrosoff Front Page 98, sebuah aplikasi untuk pembuatan web pages secara visual. Untuk membentuk server pada komputer yang digunakan, telah dipakai microsoft Personnal Web Server.
Selain perangkat lunak untuk pengernbangan sistem, diperlukan juga sebuah perangkat keras diluar komputer untuk mengatur peralatan yang diinginkan. Pada tugas skripsi alat yang dipakai adalah sebuah microcontroller atau computer interface board berupa kit K8000 dari Velleman Belgia. Alat ini tersambung dengan komputer melalui printer port.
Paket aplikasi yang telah dibentuk dan dihubungkan ke microcontroller yang memungldnkan pengontrolan melalui web, ditampilkan dalam media LED (Light Emitting Diode) yang menyala atau mati.
Aplikasi peraucangan sistem peralatan diatas dapat memungkinkan dibentuknya suatu sistem Web Enabled Devices yang dapat digunakan pada internet maupun intranet. Dengan tugas skripsi ini terbukti bahwa pengontrolan dapat berjalan dengan baik dengan medium internet, walaupun media tersebut pada awalnya tidak berorientasi koneksi (connection oriented).

 File Digital: 1

Shelf
 S39443-Bambang Prasono W.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S39443
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vii, 38 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S39443 14-22-21109177 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20243716