:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis gangguan sistem tenaga listrik dengan menggunakan metoda koordinat fasa

(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998)

 Abstrak

Analisis arus gangguan tidak seimbang pada suatu sistem tiga fasa dengan menggunakan komponen simetris telah diperkenalkan sejak tahun 1918 oleh Fontescue. Menurut Fontescue, apabila teriadi gangguan pada suatu sistem tiga fasa, maka sistem tersebut menjadi tidak seimbang.
Sistem tiga fasa yang tidak seimbang ini selalu terdiri dari komponen-komponen seimbang yang identik untuk tiap fasa. Komponen-komponen seimbang ini dinamakan komponen sirnetris, yang terdiri dari urutan positif, urutan negatif dan urutan nol [7]. Cara inilah yang seringkali dipakai untuk menganalisis gangguan tidak seimbang.
Selain cara diatas, ada cara Iain untuk menganalisis ganguan, yaitu dengan menggunakan cara Iangsung, dengan memakai tegangan fasa dan arus fasa sebagai analisis arus ganggan tidak seimbang pada suatu sistem tiga fasa. Pada prinsipnya, peridekatan Iangsung ini adalah dengan merepresentasikan sistem daya Re dalam konfigurasi sistem sesungguhnya dengan menghindari transformasi variable ke dalam komponen simetris. Dengan merepresentasikan persamaan sistem daya ke dalam koordinat fasa (phase-coordinates), berbagai jenis gangguan dapat dibuat modelnya dengan rhbdihkasi yang sederhana dari persamaan sistem daya, tergantung pada jenis gangguannya.
Tegangan fasa setelah gangguan dapat diperoleh dengan memecahkan n sistem persamaan untuk n nilai yang tidak diketahui, sehingga tidak diperlukan transformasi ke urutan positif, urutan negatif dan urutan nol. Oleh karena itu, metoda ini lebih mudah, Iebih ielas dan Iebih eksplisit daripada metoda sebelumnya Metoda ini dipakai untuk menghitung arus gangguan pada berbagai kondisi gangguan yang berbeda-beda dan hasil yang diperoleh dibandingkan dengan hasil perhitungan dengan menggunakan komponen simetris. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan Mathcad 6.0 Plus.

 File Digital: 1

Shelf
 S39539-Amin Ahmadi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S39539
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 51 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S39539 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20243721