:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Optimalisasi BSS melalui analisis hasil pengukuran unjuk kerja BSS

Danny Agus Triawan; Arifin Djauhari, supervisor ([Publisher not identified] , 2000)

 Abstrak

ABSTRAK
Pertumbuhan jumlah pengguna jasa telekomunikasi selular GSM (Global Se/u/ar For Mobile Telecommunication) yang terus meningkat disatu sisi akan sangat menggembirakan. Tetapi apabila pertumbuhan tersebut tidak terantisipasi dengan balk maka akan berdampak buruk pada kapasitas dan kualitas pelayanan dari jaringan GSM.
Salah satu upaya dalam mengantisipasi pertumbuhan pengguna jasa telepon bergerak selular GSM adalah dengan memelihara unjuk kerja jaringan BSS (Base Station Sub-system) agar tetap optima!. Unjuk kerja BSS dapat diketahui melalui pengukuran parameter-parameter unjuk kerja BSS seperti Drop Call Ratio, Handover Failure Ratio, TCH Success Ratio, SDCCH Success Ratio, TCH Blocking Ratio, SDCCH Blocking Ratio, SDCCH Congestion, TCH Congestion, SDCCH Traffic, TCH Traffic dan Total Call melalui OMC (Operation Maintenance Centre).
Pada penulisan tugas akhir ini penulis mencoba melakukan pengukuran unjuk kerja BSS terhadap salah satu jaringan BSS PT Telkomsel selama 24 jam setiap hari dalam jangka waktu 10 hari dan menganalisis parameter-parameter unjuk kerja BSS yang terukur. Penurunan kualitas pelayanan dan kelemahan-kelemahan yang timbul pada jaringan BSS GSM dapat diketahui secara dini melalui hasil analisa pengukuran unjuk kerja BSS sehingga jaringan BSS dapat dioptimasi agar unjuk kerjanya tetap terpelihara baik. Hasil pengukuran unjuk kerja BSS itu selanjutnya digunakan sebagai masukkan bagi operator GSM unjuk mengantisipasi pertumbuhan pelanggan GSM dan menentukan kebijakan-kebijakan dalam operasional, perencanaan, dan peningkatkan kualitas pelayanan, khususnya Iayanan yang diberikan oleh jaringan BSS GSM.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Danny Agus Triawan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S39841
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2000
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 38 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S39841 14-19-309351658 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20243959