Pada PT. Astra Honda Motor unit Pegangsaan seksi Rim Forming, operasi sistem tenaga listrik dihubungkan terhadap beban sebelum di pasang kompensator kapasitor menjadikan beban sangat variatif dengan faktor daya antara 0,01 - 0,99 (tertinggal) dan faktor daya antara 0,96 - 0,99 (mendahului).Faktor daya ini sangat buruk sehingga perlu diperbaiki untuk mencapai faktor daya yang diharapkan yaitu lebih besar atau sama dengan 0,85 (tertinggal).Ketika sistem dikompensasi dengan bangku kapasitor jenis fix 720 KVAR, faktor daya berubah menjadi negatif antara 0,3 - 0,8 (mendahului)sehingga beban menjadi kapasitif.Dengan berubahnya faktor daya menjadi kapasitif setelah dipasang bangku kapasitor jenis fix maka bangku kapasitor perlu diganti dengan kapasitor variabel (modul kapasitor) dengan kelipatan 90 KVAR dan menghasilkan faktor daya antara 0,91 - 0,99 (tertinggal) sehingga beban menjadi induktif. Pada beban tertentu, sebelum dan setelah dipasang modul kapasitor menjadikan faktor daya kapasitif sehingga perlu ditambahkan kompensator induktor minimum 3,98 mH dan maksimum 108,92 mH. Sistem tenaga listrik pada PT. Astra Honda Motor unit Pegangsaan seksi Rim Forming akan optimum apabila beroperasi pada beban penuh. |