:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Merancang sistem pengiriman informasi gangguan alarm di lokasi BTS melalui short message service (SMS)

Hari Purwadi; A. Endang Sriningsih, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Short Message Service (SMS) menyediakan fasilitas pengiriman pesan berbentuk text sampai dengan 160 karakter, ke dan dari MS. Text dapat berupa kata atau nomor atau kombinasi alphanumeric. Pertumbuhan jurnlah pengguna jasa telekomunikasi selular GSM (Global Selular For Mobile Telecommunication) yang terus meningkat disatu sisi akan sangat menggembirakan. Tetapi apabila pertumbuhan tersebut tidak terantisipasi dengan baik maka akan berdampak buruk pada kapasitas dan kualitas pelayanan dari jaringan GSM.
Salah satu upaya dalam mengantisipasi pertumbuhan pengguna jasa telepon bergerak selular GSM adalah dengan memelihara unjuk keda jaringan BSS (Base Station Sub-system) agar tetap optimal. Unjuk keda jaringan dapat dilakukan dengan meningkatkan penanganan gangguan secara berkala. Penanganan gangguan secara berkala dapat dilakukan dengan dibantuan sistim pengiriman informasi gangguan melalui media SMS. Pengukuran sistim keda sensor dilakukan dilokasi BTS Panin milik PT.Telkomsel pada tanggal 2 Desember 2003 selama 2 jam.
Hasil pengukuran menunjukkan bahwa informasi yang disampaikan sangat cepat dan akurat dibandingkan dengan sistim yang lama, schingga sistim ini layak untuk dapat diimplementasikan dengan balk, diketahui dari hasil uji coba yang dilakukan dilapangan. Sistim yang dijalankan dengan menggunakan sistim komputerisasi mempunyai manfaat yang cukup besar, seperti : menunjukkan hasil kerja yang optimal, percepatan pengiriman data dan akurat atau ketepatan dalam penyampaian informasi.

 File Digital: 1

Shelf
 Hari Purwadi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S39956
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 45 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S39956 14-21-446796799 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20244080