:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Rancang bangun alat bantu membangun server linux berbasis pemograman shell scripting

Toto Sapto Widodo; Endang Sriningsih, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Membangun sebuah server khusus pada sistem operasi Linux tidal-1 mudah dan juga tidak sulit seperti apa yang dibayangkan. Hal terpenting yang harus diperhatikan bagi seorang administrator jaringan dalam permasalahan ini adalah tingl-:at ketelitian dan kesabaran yang tinggi dalam menuliskan perintah berupa script pada terminal konsol yang tidak menutup kemungkinan terjadinya banyak kesalahan.
Pada aplikasi ini akan dibahas mengenai otomatisasi dalam membangun aplikasi server seperti DNS, web server, mail server, dan webmail dengan menggunakan bash shell. Hal-hal yang berhubungan dengan DNS meliputi instalasi dan uninstalasi paket BIND, pembuatan, pengubahan dan penghapusan sebuah domain bail-c dengan konfigurasi real IP maupun virtual H’ dan yang terakhir adalah pengujian DNS. Hal-hal yang berhubungan dengan web server meliputi pembuatan user, virrum’ hosr, dan pengujian virtual host. Sedangkan hal-hal yang berhubungan dengan mail server meliputi instalasi dan uninstalasi paket mail server, managemen virtual domain dan pengujiannya. Pada akhir aplikasi ini akan dibahas mengenai instalasi dan uninstalasi webmail dan pengujiannya.

Jadi dengan aplikasi yang di buat, dapat diberikan kontribusi atau nilai tambah berupa suatu aplil-:asi yang dapat memudahkan seorang administrator jaringan dalam membangun server Linux tanpa harus mengkonfigurasi secara manual melalui terminal konsol. Dengan demilcian efektivilas pekerjaan seorang ad ministratorjaringan dapat ditingkatkan.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Toto Sapto Widodo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 66 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-87506124 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20244177