:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Key Performance Indicator (KPI) layanan GPRS dengan mempergunakan M2000

Ginting, Immanuel Perananta; Rochmah N. Sukardi, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Perkembangan komunikasi bergerak yang sangat pesat saat ini menuntut operator layanan selular untuk menambah variasi layanannya agar dapat menambah jumlah pemasukan dan meningkatkan jumlah pelanggannya. Sejak tahun 2004, para operator selular di Indonesia sudah mulai memberi perhatian yang lebih pada bidang komunikasi data khususnya penggunaan GPRS (General Packet Radio Switch). Hal ini tidak terlepas dari semakin banyaknya pengguna layanan GPRS dan dukungan pesawat telepon selular yang dapat digunakan untuk layanan GPRS dan MMS (Pesan Multi Media - Multi Media Messaging).
Untuk mengetahui tingkat pergerakan pengguna layanan GPRS ini diperlukan suatu sistem yang dapat memantau tingkat keberhasilan layanan GPRS (Network Management System - NMS). Biasanya sistem pantau keberhasilan ini di setiap operator selular berbeda-beda tergantung dari perusahaan jasa penyedianya (vendor).
Pada dunia telekomunikasi, penilaian performansi suatu jaringan amatlah penting. Dengan mengetahui performansi suatu sistem kita dapat menilai tingkat kehandalan sistem tersebut. Sedangkan bagi operator selular, tingkat performansi suatu layanan dapat juga menjadi penentu untuk mengetahui tingkat persaingan layanan tersebut terhadap produk sejenis dari operator lain. Bahkan, suatu sistem atau layanan yang berada jauh dibawah nilai KPI yang telah ditetapkan kemungkinan besar tidak diteruskan lagi ataupun diganti dengan sistem atau layanan lain yang dianggap lebih berpeluang menghasilkan keuntungan.

 File Digital: 1

Shelf
 Immanuel Perananta Ginting.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S40694
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 55 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S40694 14-20-793874838 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20244199