:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perolehan nikel hidroksida dari limbah cair elektroplating nikel-khromium PT XX dengan metode pengendapan hidroksida

Panggah Riyadi; Johny Wahyuadi Soedarsono, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

lndustri elektroplaling nikel-khromium (Ni-Cr) merupakan salah satu unit dalam produksi industri-industri pengerjaan logam, terutama otomotif. Akan tetapi, industri ini mempunyai dampak efek negatif dalam pelestarian lingkungan karena bahan-bahan kimia yang dipergmakan dalam seiuruh pfosesnya dapat menyababkan pencemaran lingkungan berupa B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Di Indonesia, dikeluarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No.51/MENLH/1995, untuk mencegah semakin banyaknya limbah B3 mencemarI lingkungan di Indonesia, bahkan untuk membuatnya pun industi-industri harus membayar $300/ton. ltulah permasalahan terbesar yang dihadapi dunia industri.
Upaya mengurangi bahkan membenkan keuntungan-keuntungan bagi dunia industri adalah melakukan perolehan kembali limbah tersebut menjadi sesuatu yang lebih berguna. Dalam hal ini, dilakukan penelitian perolehan nikel hidroksida dari limbah elektroplaling nikel-khromium metode pengendapan hidroksida sehingga didapat variabel-variabel yang berpengaruh untuk mendapatkan kadar nikel hidroksida yang tinggi. Oleh karena nikel hidroksida merupakan produk antara untuk menghasilkan logam nikel. Logam nikel itu sendiri memiliki nilai jual Rp. 3.732.400,00/kg.
Berdasarkan hasil penelitian perolehan nikel hidroksida dari limbah cair elektroplaling Ni-Cr PT.XX di dapat persentase kandungan nikel dalam endapan hidroksida sebesar 93,36% dan khromium sebagai pengotor utama limbah sebesar 0,55%. pada kondisi penambahan hidroksida berlebih, reagensia pengoksid ion kromil menjadi kromat dan pencucian yang optimum. Hal ini menandakan bahwa proses pengendapan hudroksuda dapat digunakan untuk memperoleh nikel hidroksida dan memisahkan nikel dan khromium.

 File Digital: 1

Shelf
 S41550-Panggah Riyadi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S41550
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 35 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S41550 14-22-84870705 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20245325