:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh bukaan terhadap kenyamanan thermal ruang rawat inap

Erlyn Mareti; Siti Handjarinto, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Rumah sakit sebagai suatu institusi pelayanan kesehatan perlu terus dikembangkan, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya, demi tercapainya pemerataan fasilitas kesehatan di pedesaan & di perkotaan. Secara umum setiap rumah sakit mempunyai tujuan yang sama yaitu memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya, menyenangkan, efektif serta efisien tanpa melupakan kontinuitas & kelanjutan kehidupan rumah sakit.
Untuk mewujudkannya, dibutuhkan suatu perancangan rumah sakit yang baik & matang. Instalasi rawat inap sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari rumah sakit memerlukan perhatian khusus dalam perancangannya, karena di tempat tersebutlah pasien menginap selama proses penyembuhan. Salah satu aspek penting dalam pembentukan kualitas kenyamanan thermal ruang rawat inap adalah faktor bangunan, seperti bukaan & material yang digunakan. Selain itu kondisi iklim & faktor manusia juga merupakan aspek-aspek yang tidak dapat dikesampingkan.
Ruang rawat inap yang menggunakan pengudaraan alami umumnya memakai metode ventilasi silang. Keefektifan metode ini salah satunya dipengaruhi oleh keberadaan bukaan pada ruang tersebut. Oleh karena itu, untuk memberikan kenyamanan thermal terbaik bagi pengguna ruang rawat inap, perlu dikaji sejauh mana pengaruh bukaan terhadap penciptaan kenyamanan thermal di dalam ruang. Permasalahan inilah yang menjadi titik tolak pembahasan selanjutnya dalam skripsi ini.

 File Digital: 1

Shelf
 S48471-Erlyn Mareti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S48471
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vi, 62 pages ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S48471 14-23-09746234 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20245839