:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Apartemen keluarga Indonesia. Satuan hunian: Hubungan dan kebutuhan ruang

Ardwianti; Soewondo Bismo Soetedjo, supervisor; Siti Handjarinto, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

Apartemen merupakan gejala baru di Indonesia. Tentunya kehadiran apartemen ini diharapkan dapat berfungsi sebagai layaknya rumah tinggal untuk keluarga Indonesia yang ditujukan bagi masyarakat golongan menengah atas di kota besar. Melalui studi literatur dan survey, penulis mencoba mencari, apakah apartemenapartemen yang ada di Jakarta ini sudah dapat menggantikan fungsi rumah dengan keterbatasan yang dimiliki dan apakah satuan hunian ini sudah sesuai dengan tata cars hidup dan kebiasaan keluarga Indonesia, khususnya pads satuan hunian apartemen. Selain itu penulis mencoba menggali beberapa hal yang perlu diperhatikan pada setiap penyusunan ruang dalam satuan hunian apartemen, agar nantinya dapat dijadikan suatu tipe ideal bagi keluarga Indonesia.
Ulasan tulisan ini di mulai dengan pemahaman susunan ruang dalam rumah yang menggambarkan tata cara dan kebiasaan masyarakat Indonesia kota besar. Dengan mengambii contoh beberapa rumah tinggal yang banyak ditawarkan oleh pengembang dan ditujukan bagi masyarakat golongan menengah atas, penulis berharap bisa mewakili keinginan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat golongan ini. Kemudian dilanjutkan dengan menganalisa beberapa apartemen yang ada di Jakarta dan dianggap mewakili jenis blok hunian apartemen yang ada.
Dari kajian yang dilakukan didapat suatu kesimpulan bahwa ternyata sebagian besar apartemen yang ada di Jakarta ini belum sesuai untuk dijadikan tipe ideal bagi keluarga Indonesia. Hal yang paling memprihatinkan, sebagian besar apartemen yang ada tidak/ kurang memperhatikan kehadiran pembantu. Penulis jugs menemukan hal-hal yang seharusnya diperhatikan dalam penyusunan ruang dalam satuan hunian di apartemen bagi keluarga Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Ardwianti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S48155
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vii, 45 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S48155 14-23-62733144 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20246351