:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Sekolah dasar: Sebuah penerjemahan kegiatan belajar anak ke dalam ruang

Paramita Atmodiwirjo; Siti Utamini, supervisor; Hendrajaya Isnaeni, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

Anak usia sekolah dasar merupakan individu yang mengalami perkembangan secara fisik, kognitif, social dan emosional. Sekolah memiliki peranan penting di dalam perkembangan anak, sebagai lembaga pendidikan formal tempat anak mempelajari tugas-tugas perkembangannya. Dalam tulisan ini penulis mengadakan studi tipologi ruang fungsional untuk menentukan tipe mang kegiatan belajar anak, dengan melihat bagaimana berlangsungnya kegiatan belajar anak. Tipe mang kegiatan belajar anak ditentukan oleh adanya anak dan guru (omng dewasa) sebagai subyek-subyek dalam kegiatan belajar, serta komunikasi yang berlangsung antara anak, guru dan obyek-obyek belajar. Kegiatan belajar mengandung pengertian yang lugs, yang mencakup aspek perkembangan fisik, kognitif, sosial dan emosional. QIeh karena itu, maka ruang kegiatan belajar jugs memiMd pengertian yang lugs, dan sekolah harus dapat berpemn sebagai sebuah kesatuan ruang-ruang kegiatan belajar dalam pengertian yang luas tersebut. Analisis yang penulis lakukan terhadap pembakuan bangunan sekolah dasar di Indonesia menunjukkan bahwa sekolah dasar di Indonesia masih memandang kegiatan belajar hanya sebatas kegiatan belajar yang berlangsung secara klasikal di dalam ruang kelas, bukan kegiatan belajar dalam pengertian yang luas.

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S48179
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 30 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S48179 14-23-21585691 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20246373