:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh panas terhadap ketahanan zeolit alam dan pembuatan H-zeolit dengan larutan ammonium asetat dan ammonium hidroksida

Pathul Djannah; Roekmijati Widaningroem Soemantojo, supervisor; Nelson Saksono, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

Zeolit alam yang merupakan mineral aluminosilikar yang terhidrasi yang mengandung kationalkalidanataualkali tanah yang dapat dipertukarkan dimanfaatkan sebagai penyaring molekuler, penukar ion, adsorben dan katalisator. Namun kemampuan ini belum memberikan basil yang optimum. Oleh karena itu perlu dilakukan aktivasi terhadap zeolit baik dengan memberikan perlakuan panas atau secara untuk meningkalkan kemampuan zeolit.
Untuk mengetahui sejauh mana ketahanan zeolit alam terhadap panas maka dilakukan pemanasan terhadap Zeolit Alam Lampung (ZAL) dan Zeolit Alam Jawa Barat (ZAB). ZAB lebih tahan terhadap panas dibandingkan dengan ZAL. Hal ini dipengaruhi oleh komposisi jenis zeolit dalam struktur. ZAB yang didominasi oleh mordenit lebih tahan terhadap panas daripada ldinoptilolit yang mendominasi ZAL. Pada pemanasan 150°C - 400°C belum terjadi kerusakan struktur sedangkan pada 600°C terjadi kenaikan sebagian struktur zeolit (moderare disordered). Dan pada suhu 800°C terjadi kerusakan yang Iebih parah (highb: disordered), namun belum merusakkan struktur zeolit secara keseluruhan.
Sintesa H-zeolit dilakukan dengan cara pemanasan I50°C terhadap ZAL kemudian dilakukan pertukaran ion dengan menggunakan larutan CH3C00NI-14 dan NI-LOH. Tujuan pemanasan ZAL 150°C d dapat menguapkan air dan zat-zat impurities lainnya dari rongga zeolit séhingga kapasitas pertukaran ion dapat meningkatkan pertukaran ion pada variasi konsentrasi dengan larutan CH3C0ONH4, mempunyai konsentxasi optimum 0,7 M sodangkan dengan larut/an NTLOH adalah 1,5 M. Pada variasi waktu pertukman ion dengan Iarutan CH3CO0NH4 maupun NH4OH 0,7 M mencapai waktu optimum pertukaran ion selama 4 jam sedangkan dengan larutan CH3C0ONH4 maupun NH4OH 0,3 M mencapai waktu optimum selama 65 menit.
Dari perbandingan kapasitas pertukaran ion yang diperoleh, pertukamn ion dengan larutan CH3COONH4 mempunyai Kapasitas Pertukaran Kation (KTK) yang Iebih besar dibandingkan dengan larutan NH 4OH. Pada variasi perbandingan berat zeolit terhadap volume penukar ion, larutan yang lebih encer (1 gr : 30 ml) mempunyai KTK yang lebih besar daripada penggunaan larutan dengan perbandingan 1 : 10 dan 1 : 20.

 File Digital: 1

Shelf
 S49059-Pathul Djannah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S49059
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 61 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49059 14-23-57709964 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20246566