:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis pembentukan deposit karbon pada reaksi reformasi CH4/CO2 dengan katalis yang berbasis Ni

(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999)

 Abstrak

Katalis yang berbasis Ni cukup aktif untuk reaksi CO2 reforming, tetapi mudah terbentuk deposit karbon. Pembentukan deposit karbon pada reaksi reformasi metana menyebabkan kenaikan pressure drop dan katalis terdeaktivasi. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis terhadap pembentukan deposit karbon dan mencari cara untuk mengurangi atau menghilangkannya.
Cara yang dipilih pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji pembentukan deposit karbon pada katalis tanpa adanya udara dalam reaktan dengan mengamati kenaikan pressure drop yang terjadi. Katalis yang diuji adalah Ni/Al2O3 yang dipreparasi dengan metode pertukaran ion dan sebagai pembandingnya adalah katalis komersial (G-1-25) yang biasa digunakan pada reaktor primary reformer. Untuk membuktikan adanya deposit karbon pada katalis Ni/Al2O3 bekas hasil reaksi, maka ke dalam katalis tersebut dialirkan udara untuk mereduksi karbon yang terbentuk. Selain itu dilakukan juga uji aktivitas dan stabilitas katalis dengan menambahkan udara pada reaktan secara simultan pada waktu reaksi reformasi CO2/CH4 berlangsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa udara terbukti cukup efektif menurunkan pressure drop dan aktivitas katalis menjadi lebih stabil. Penambahan udara sebesar 30 ml/min pada katalis Ni/Al2O3 dapat menurunkan pressure drop dari 0,9 sampai mendekati nol dan penambahan udara sebesar 40ml/min pada katalis komersial dapat menurunkan pressure drop dari 0,8 sampai mendekati nol. Metode ini juga dapat meningkatkan konversi metana dan rasio produk H2/CO. Pada penambahan laju alir udara 50 ml/min, konversi CH4 pada katalis Ni/Al2O3 menjngkat dari 72% sampai 88% dan rasio produk H2/CO-nya meningkat dari 1 sampai 1,22, sedangkan untuk katalis komersial konversi CH4-nya meningkat dari 78% sampai 90% dan rasio produk H2/CO-nya meningkat dari 1 sampai 1,18 pada laju alir udara yang sama.
Secara umum kinerja katalis Ni/Al2O3 lebih baik daripada katalis komersial, dimana stabilitas katalis Ni/Al2O3 lebih stabil daripada katalis komersial, meskipun konversi CH4 yang dihasilkan sedikit lebih rendah.

 File Digital: 1

Shelf
 S49200-Yozi Bastian.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S49200
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 42 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49200 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20246862