:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Preparasi, karakterisasi, aktivitas dan stabilitas katalis CuO/ZnO/Al2O3/Cr2O3 dalam reaksi hidrogenasi CO2 menjadi etanol

Budiyono; Setiadi M., supervisor; Nelson Saksono, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999)

 Abstrak

Untuk menangani peningkatan kadar gas CO2 di atmosfir bumi maka metode hidrogenasi katalitik CO2 menjadi metanol banyak diusulkan banyak peneliti sebagai alternatif yang paling tepat. Hidrogenasi katalitik CO2 dalam sintesis metanol selain mengeliminasi CO2 guna mengurangi masalah pemanasan global dan mengatasi kendala dalam eksploitasi gas alam berkadar CO2 tinggi, metanol yang dihasilkan juga mempunyai nilai ekonomis yang menarik.
Katalis yang digunakan dalam penelitian ini adalah CuO/ZnO/Al2O3/Cr2O3 dalam perbandingan komposisi 43 % : 34 % : 20 % : 3 % yang dibuat dengan metode kopresipitasi. Karakterisasi katalis dianalisa dengan metode XRD guna mengidentifikasi komponen-komponen penyusun dan metode BET yang menunjukkan luas pemukaan katalis berkisar 26 m²/g. Uji aktivitas dan stabilitas katalis dilakukan didalam reaktor unggun tetap pada kondisi reaksi T = 275 °C dan P = 30 bar. Daiam uji aktivitas sebagai variabel penguji adalah kondisi reduksi, diameter kataiis, laju alir gas umpan dan waktu tinggal. Untuk uji stabilitas pengamatan dilakukan selama 8 jam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi reduksi optimal diperoleh pada temperatur reduksi 220ºC dan lama reduksi minimal 3 jam. Konversi CO2 katalis yang besar didapat pada diameter katalis dan laju alir yang besar serta waktu kontak yang lama. Reaksi hidrogenasi CO2 menjadi metanol berada di bawah pengaruh difusi eksternal pada daerah dengan laju alir gas umpan kurang dari 107,75 cc/menit. Dan untuk waktu tinggal yang panjang akan menyebabkan selektivitas metanol berkurang karena terdekomposisinya metanol. Dari uji stabilitas yang dilakukan diperoleh bahwa katalis CuO/ZnO/Al2O3/Cr2O3 memiliki kestabilan yang baik dalam reaksi hidrogenasi CO2 selama 8 jam reaksi berlangsung.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Budiyono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S49233
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 44 hlm. ; 28 cm + lamp.,
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49233 14-21-003571057 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20246986