:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Fenomena perubahan tegangan antar muka minyak-air sumur P-02 dan P-03 oleh mikroba indigen

(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999)

 Abstrak

Minyak yang terperangkap dalam pori-pori batuan suatu sumur minyak
dapat diproduksi dengan cara menurunkan tegangan antarmuka minyak-air. Salah satu cara untuk menurunkan tegangan antarmuka minyak-air adalah dengan proses MEOR yang menghasilkan bioproduk, dalam hal ini biosurfaktan.
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pembentukan biosurfaktan pada sumur P-02 dan P-O3 dengan mengamati perubahan tegangan antarmuka minyak-air. Inokulum kedua sumur dibuat dalam kondisi anaerob. Penelitian ini mengamati populasi, nutrien, dan pH serta pengaruhnya pada perubahan tegangan antarmuka minyak-air. Keempat parameter tersebut diukur pada jam ke-0, 24, 48 dan 72.
Penurunan tegangan antarmuka minyak-air yang paling besar untuk Sumur
P-02 terjadi pada jam ke-72 (23,74%) sedangkan untuk Sumur P-03 pada jam ke-24 (39,48%). Penurunan tegangan antarmuka minyak-air pada kedua sumur disebabkan oleh pembentukan biosurfaktan oleh mikroba indigen. Sebaliknya, kenaikan tegangan antarmuka minyak-air terjadi pada jam ke-48 (23,54%) untuk Sumur P-02 dan jam ke-72 (12,62%) pada Sumur P-03. Kenaikan ini terjadi antara lain karena terbentuknya garam asam organik dan elektrolit anorganik seperti POH.
Pengamatan menunjukkan bahwa pada Sumur P-02 populasi tidak berbanding lurus dengan penurunan tegangan antarmuka sebaliknya pada Sumur P-03 populasi berbanding lurus dengan penurunan tegangan antarmuka minyak-air.
Untuk kondisi pH, keasaman kedua sumur berada pada rentang yang mendukung aktivitas mikroba. Perubahan nutrien tidak mempengaruhi tegangan antarmuka minyak-air secara langsung. Nutrien berpengaruh kepada populasi mikroba karéna dibutuhkan mikroba untuk beraktivitas. Mikroba Sumur P-02 lebih banyak mengkonsumsi sulfat dan fosfat sedangkan mikroba Sumur P-03 lebih banyak mengkonsumsi nitrogen.

 File Digital: 1

Shelf
 S49188-Yurike Laksmita N.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S49188
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 47 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49188 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20246996