:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pemisahan campuran gas H2/CH4 dengan PSA menggunakan adsorben zeolit alam/NiO

Isniah; Setijo Bismo, supervisor; Eva Fathul Karamah, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Pressure Swing Adsorption (PSA) sebagai salah satu metode pemisahan gas telah banyak digunakan untuk proses pemurnian hidrogen dengan tingkat kemurnian dan perolehan yang tinggi. Pressure Swing Adsorption (PSA) ini bekerja berdasarkan prinsip adsorpsi. Adsorbsi terjadi pada tekanan tinggi sedangkan desorbsi dapat terjadi pada tekanan rendah sehingga untuk meregenerasi adsorben yang digunakan dilakukan dengan menurunkan tekanan (blowdown). Dengan demikian, siklus adsorbsi-regenerasi dapat berlangsung secara singkat.
Pada penelitian ini PSA digunakan untuk memisahkan campuran gas hidrogen dan metana sebagai komponen gas yang paling banyak terkandung di Coke Owen Gas (COG) dengan memakai adsorben Zeolit alam/NiO. Adsorben Zeolit alam/Ni0 dibuat dari zeolit alam Lampung dengan preparasi menggunakan metode impregnasi. Zeolit Alam Lampung yang masih kotor dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu kemudian diaktivasi dengan metode pertukaran kation menggunakan NaCl. Setelah dikeringkan di dalam oven vakum, impregnasi zeolit dilakukan dengan mengaduk zeolit di dalam larutan garam logam yang dibuat dari padatan hijau Ni(NO3)2.6H2O, dilanjutkan dengan kalsinasi.
Hasil Penelitian uji aktivitas adsorben Zeolit alam/Ni0 terhadap pemisahan campuran gas hidrogen dan metana melalui PSA menunjukkan bahwa terjadi peningkatan besarnya konsentrasi hidrogen pada gas keluaran PSA dari 68% pada gas umpan menjadi sekitar 80-90%. Pengaruh penambahan NiO pada zeolit telah menaikkan konsentrasi hidrogen pada gas keluaran sekitar 8-12% dari kandungan hidrogen pada gas keluaran PSA yang menggunakan zeolit alam Lampung tanpa impregnasi nikel oksida. Dengan demikian penambahan Ni0 pada zeolit alam tidak menyebabkan hidrogen menjadi komponen yang lebih teradsorb oleh zeolit namun dapat memperbaiki kinerja PSA dalam mengayakan hidrogen pada gas keluarannya.
Pada penelitian ini tekanan optimum diperoleh pada tekanan 7 bar. Ketinggian unggun yang lebih tinggi tidak selalu memberikan hasil kinerja yang lebih baik karena ada faktor-faktor lain yang turut berpengaruh terhadap daya adsorbsi.

 File Digital: 1

Shelf
 Isniah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S49289
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 39 hlm. ; ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49289 14-23-37926661 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247151