:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengukuran dan analisis kepuasan pelanggan PT. KAI untuk kereta jenis argo

Ade Supriyatna; Yadrifil, supervisor ([Publisher not identified] , 2000)

 Abstrak

ABSTRAK
Kepuasan pelanggan merupakan kuci keberhasilan perusahaan untuk tetap
bertahan dan memenangkan persaingan yang semakin ketat. Pelanggan adalah
semua orang yang menuntut suatu perusahaan untuk memenuhi suatu standar
kualitas tertentu, dan karena itu akan memberikan pengaruh pada performansi
(performance) perusahaan tersebut. Kepuasan pelanggan adalah perasaan
pelanggan terhadap satu jenis pelayanan yang didapatkannya.
Pengukuran terhadap kepuasanpelanggan mutlak dilakukan untuk
memberikan kepada suatu perusahaan indikasi akurat terhadap 'keadaan' proses
bisnis mereka dan produk atau pelayanan yang dihasilkan dari proses bisnis
tersebut.
Dalam skripsi ini dilakukan pengukoran dan analisis kepuasan pelanggan PT
Kerata Api Indonesia (PT KAI) untuk kereta jenis Argo. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data dan perhitungan statistik
(dengan bantuan SPSS 9.0) untuk pengolahan data.
Dari perhitungan distribusi kepuasan pelanggan dan perhitungan korelasi
antar dimensi dengan kepuasan menyeluruh terdapat ketimpangan antara kineria PT
KAI dengan yang sebenarnya diinginkan pelanggan untuk ditingkatkan. Dari tiga
aspek yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan peIanggan hanya dimensi
profesionalisme saja yang mendapat nilai di atas 3 yaitu 3.1453. Dimensi tingkat
harga bernilai 2.8462 dan ketepatan waktu bernilai 2.6709 yang merupakan nilai
terburuk di antara seluruh dimensi kepuasan peIanggan. Prioritas perbaikan
pelayanan harus diarahkan pada ketiga dimensi ini.
Namun demikian pada pengukuran terhadap pengendalian pelayanan
terhadap dimensi profesionalism, timeliness, dan price menunjukkan hasil yang
masih dalam batas kendaIi. Kemudian pelanggan masih menganggap PT KAI
(kereta Argo) memberikan nilai Iebih dibanding transportasi massa Iainnya.
PT KAI berhasil meraih nilai pelanggan (customer value) terhadap fasilitas,
pelayanan, dan tingkat harga kereta api karena strategi yang tepat dari PT KAI
dalam pengembangan konsep KA argo yang terencana dan mempertimbangkan
potensi pasar. Dengan kata Iain PT KAI cukup jeli untuk bermain di wilayah strategis
dengan memberikan produk yang seimbang dengan target sasaran.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Ade Supriyatna.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S49859
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2000
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 54 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49859 14-19-059160535 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247588