:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Simulasi proses produksi frame assy dengan bantuan promodel

Widiatmoko; Boy Nurtjahyo Moch., supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Simulasi merupakan suatu merupakan suatu teknik membangun model yang mampu merepresentasikan suatu sistem yang kemudian digunakan untuk memahami karaktenstik (behaviours) dan sistem tersebut.
Untuk membantu proses simulasi biasanya digunakan software software yang memang diperuntukkan untuk tujuan simulasi antara lain software tersebut adalah PROMODEL. Proses simulasi dengan bantuan PROMODEL diawali dengan terlebih dahulu membangun modei abstrak yang mampu merepresentasikan keadaan sesungguhnya dari sistem yang kemudian digunakan untuk mengetahui karakteristlk sistem yang dimodelkan.Salah satu keuntungan melakukan simulasi dengan menggunakan model abstrak adalah resiko yang akan dihadapi relatif kecil.
Pada skripsi ini akan diuraikan bagaimana suatu teknik simulasi dengan bantuan PROMODEL digunakan dalam industri manufaktur dengan tujuan untuk mengetahui suatu sistem manufaktur apakah akan mampu mencapai suatu spesifikasi yang ditentukan. Sistem yang dimodelkan dalam skripsi ini adalah proses pembuatan Frame Assy yang terdiri dari tiga komponen yaitu Holder Pad, Hopper, dan Frame Asf yang kesemuanya dibuat dalam proses injection yang kemudian dilakukan proses perakitan dengan komponen lain yang di suplay oleh pihak luar.
Dari hasil simulasi yang dilakukan diperoleh hasil yang cukup baik yaitu : penambahan operator pada proses perakitan akan menambah jumlah produk yang dihasilkan selain itu juga penurunan WIP (work in process).

 File Digital: 1

Shelf
 S49908-Widiatmoko.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S49908
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 47 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49908 14-19-564332915 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247606