Deskripsi Lengkap
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text (rdacontent) |
Tipe Media : | unmediated (rdamedia); computer (rdamedia) |
Tipe Carrier : | volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier) |
Deskripsi Fisik : | x, 130 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
- Ketersediaan
- File Digital: 1
- Ulasan
- Sampul
- Abstrak
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S49926 | 14-19-028552883 | TERSEDIA |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247624 |
Abstrak
ABSTRAK
Untuk dapat mengetahui biaya manufaktur komponen produk secara akurat, maka PT XYZ bermaksud untuk mengubah sistem kalkulasi biaya manufaktur yang selama ini diterapkan karena tidak dapat memenuhi kebutuhan penetapan harga jual produk dan perhitungan biaya manufalctur aktual komponen kendaraan yang bervariasi. Selama ini perhitungan biaya hanya dilakukan terhadap unit kendaraan dcngan menggimakan koeiisien konsumsi biaya manufaktur satu jenis kenclaraan yang memiliki volmne produksi terbesar. Biaya manufalcmr komponen kendaraan diperkirakan berdasarkan persentase bagian komponen terhadap total unit kendaraan.
Skripsi ini dimaksudkan untuk mengembangkan metode perhitungan biaya manufaktur pada proyek percontohan perbaikan sistem perhitungan biaya manufaktur dengan menggunakan metodologi statistik, penelusuran biaya, identifikasi driver biaya dan alokasi biaya dua tahap- Penelitian untuk pengembangan metode perhitungan biaya manufaktur dilakukan pada proyek percontohan perbaikan sistem kalkulasi biaya manufaktur di PTXYZ dilakukan pada salah satu bagian dari Shell Body Sub Assy Welding I/Issembly Plant. Pada bagian ini di produksi pintu depan, pintu belakang, pintu tengah, kap mesin, dan penutup tangki bahan bakar kendaraan bermotorjenis KF.
Metode penelusuran biaya dilakukan dengan 2 cara, yaitu penelusuran langsung dan penelusuran faktor penggerak biaya (driver biaya). Biaya dikelompokkan ke dalam cost pool dan untuk setiap cost pool diidentifikasi driver biaya yang paling tepat sebagai basis alokasi biaya. Penelusuran basis alokasi biaya dilakukan dengan menggunakan metode regresi dan analisis hubungan sebab akibat dengan pertimbangan biaya pengukuran dan efek perilaku. Setelah basis alokasi biaya diidentifikasi, dilakukan pembebanan biaya manufaktur ke setiap cost center dan setiap produk dengan menggunakan basis alokasi tersebut. Dengan mengunakan alokasi biaya dua tahap, dihasilkan suatu usulan metode perhitungan biaya manufaktur komponen produk yang dapat digunakan untuk kebutuhan perhitungan biaya manufaktur aktual, penetapan harga produk, sert alat kontrol fluktuasi biaya.
Untuk dapat mengetahui biaya manufaktur komponen produk secara akurat, maka PT XYZ bermaksud untuk mengubah sistem kalkulasi biaya manufaktur yang selama ini diterapkan karena tidak dapat memenuhi kebutuhan penetapan harga jual produk dan perhitungan biaya manufalctur aktual komponen kendaraan yang bervariasi. Selama ini perhitungan biaya hanya dilakukan terhadap unit kendaraan dcngan menggimakan koeiisien konsumsi biaya manufaktur satu jenis kenclaraan yang memiliki volmne produksi terbesar. Biaya manufalcmr komponen kendaraan diperkirakan berdasarkan persentase bagian komponen terhadap total unit kendaraan.
Skripsi ini dimaksudkan untuk mengembangkan metode perhitungan biaya manufaktur pada proyek percontohan perbaikan sistem perhitungan biaya manufaktur dengan menggunakan metodologi statistik, penelusuran biaya, identifikasi driver biaya dan alokasi biaya dua tahap- Penelitian untuk pengembangan metode perhitungan biaya manufaktur dilakukan pada proyek percontohan perbaikan sistem kalkulasi biaya manufaktur di PTXYZ dilakukan pada salah satu bagian dari Shell Body Sub Assy Welding I/Issembly Plant. Pada bagian ini di produksi pintu depan, pintu belakang, pintu tengah, kap mesin, dan penutup tangki bahan bakar kendaraan bermotorjenis KF.
Metode penelusuran biaya dilakukan dengan 2 cara, yaitu penelusuran langsung dan penelusuran faktor penggerak biaya (driver biaya). Biaya dikelompokkan ke dalam cost pool dan untuk setiap cost pool diidentifikasi driver biaya yang paling tepat sebagai basis alokasi biaya. Penelusuran basis alokasi biaya dilakukan dengan menggunakan metode regresi dan analisis hubungan sebab akibat dengan pertimbangan biaya pengukuran dan efek perilaku. Setelah basis alokasi biaya diidentifikasi, dilakukan pembebanan biaya manufaktur ke setiap cost center dan setiap produk dengan menggunakan basis alokasi tersebut. Dengan mengunakan alokasi biaya dua tahap, dihasilkan suatu usulan metode perhitungan biaya manufaktur komponen produk yang dapat digunakan untuk kebutuhan perhitungan biaya manufaktur aktual, penetapan harga produk, sert alat kontrol fluktuasi biaya.