:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pemilihan alat dan perancangan tata letak laboratorium APK FTUI

Savitri Prabandari; Akhmad Hidayatno, supervisor ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

ABSTRAK
Program pendidikan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang
baru saja berdiri pada tanggal 30 Juni 1998 menyadari pentingnya suatu sistem
pendidikan yang aplikatif sesuai dengan kebuluhan pasar dan tujuan mata kuliah tersebut. Hal ini diwujudkan dalam bentuk kurikulum 2000 dan penyediaan fasilitas-fasilitas Iaboratorium, salah satunya adalah laboratorium Analisa Perancangan Kerja.
Rencana jangka pendek yang akan dilaksanakan Laboratorium Analisa Perancangan Kerja ini adalah menjadi leaching iaborarory yang efektif untuk menunjang mata kuliah Analisis Perancangan Kerja 1 dan 2, dengan bidang-bidang yang, akan ditekuni adalah Meihods engineering Ergoriomics (antropometry), Occupational Safety (and Heairly engineering. Sedangkan praktikum-praktikum yang akan dikelola adalah Perancangan Stasiun kerja (operarirm process charf), Pengukuran Performa kelja (human performance), Perancangan metode kerja (motion and time study), Perancangan produk ergonomics (erganomics prodiici design), Analisis lingkungan kerja (work pierce analysis).
Pengumpulan dan pencarian data serta studi banding, tentang fasilitas
laboratorium dan peralalan yang akan digunakan dilaksanakan melalui kunjungan Iangsung, (dalam kota), browsing situs-situs Universitas-universitas yang memiliki jurusan Teknik lndusui (10 universitas terbaik di Amerika), korespondensi serta wawancara dengan pihak-pihak terkait. Setelah data-data terkumpul maka ditentukan prioritas pembelian alat menggunakan Al-IP (Analitik Hirarki Proses) agar diperoleh peralatan yang sesuai rujuan pembelajaran dan fungsinya dengan memperhatikan kondisi-kondisi dipihak manajemen TI FTUL Langkah terakhir yang dilakukan adalah penyusunan tata letak laboratorium APK dengan memperhalikan aspek~aspek kelancaran material, proses, manusia, barang dan etisiensi ruang Serta kondisi ruangan sesuai dengan standar kegiatan sehingga dapat menjadi pusat pembelajaran dan pendalaman materi-materi yang diterirna mahasiswa baik di kelas maupun di buku agar tujuan pembelajaran mata kuliah yang, bersangkutan dapat tercapai secara maksimal.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Savitri Prabandari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S49952
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 71 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49952 14-19-345196493 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247649