:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Rancangan sistem balanced scorecard pada PT Indofarma Tbk.

Puti Annisa M.; Erlinda Muslim, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Balance Scorecard (BSC) adalah suatu metode pengukuran kinerja perusahaan yang mencakup aspek keuangan dan nonkeuangan. Pada pendekaiannya BSC meliputi empat perspektif yaitu finansial, konsumen, intemal bisnis proses dan proses pembelajaran dan pertumbuhan.
Untuk mendapatkan sistem BSC, maka sebuah perusahaan membenluk suaiu visi dan misi yang memperlihatkan arah yang dituju oleh perusahaan tersebut. Wsi dan misi tersebut kemudian dijabarkan dalam bentuk strategi sebagai penjabaran operasionalnya. Penu diingat fokus dari pembuatan BSC ini adalah untuk memberikan ukuran terhadap kinerja perusahaan, oleh karena itu dibentuklah suatu metrik sebagai suatu sistem tolak ukur performa yang berkaiian dengan visi, misi dan strategi dari perusahaan. Tolak ukur tersebut terbagi atas lead indicators yang merupakan pemacu kerja perusahaan dan Iag indicators sebagai ukuran hasil dari pcngukuran yang dilakukan oleh perusahaan.
Metrik memuat penjabaran dari strategi yang dibuat perusahaan dalam empat perspektif yang terkart dan tolak ukur yang digunakan untuk memperlihatkan kemajuan yang dicapai_ Penjabaran strategi tersebut bempa sasaran strategi yang akan dilakukan oleh perusahaan dalam usaha pencapaian visi dan misi,dan metrik tersebut juga berisi inisiatif strategik atau apa yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan strategi dari masing-masing perspektif.
Pada sasaran strategik harus diiihat juga hubungan sebab akibat dari semua strategi pada setiap perspektif dan hubungan antara setiap perspeiaif. 'i ujuan dan hubungan sebab akibat itu sendiri adakah untuk melihat apakah strategi perusahaan sudah merupakan satu kesetuan sistem yang berkesinambungan.
PT. Indofarma sebagai salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia, memiliki pclucng untuk maju pada keadaan ekonomi Indonesia yang sedang terpuruk ini, karena permintaan pasar terhadap obat generik meningkat peset. Dapat dilihat sebagai suatu peluang bagi perusahaan untuk meningkatkan bisnis perusahaan. Olen karena itu PT. lndofarma harus memiliki strategi yang matang dan sejalan dengan visi dan misi yang telah ditetapkan_ Dengan menggunakan sistem BSC, perusahaan dapat menetapkan ukuran-ukuran apa saja yang dapat diperhitungkan dalam menilai kinerja perusahaan pada tahun-tahun sebelumnya dan ukuran-ukuran apa saja yang akan diperhitungkan untuk menilai strategi yang diterapken oleh PT. lndofarma sampai dengan tahun 2004.

Balance Score Card (BSC) is a method for measuring a tirm?s competency which consists ot Enancial and non-iinancial aspects. ln its approach, BSC covers four perspectives, which comprises of financial, consumer, internal business process and the leaming curve perspective.
To implement this method, a iimi is obliged to contigure their visions and missions in which they will move towards. These visions and missions are then clarified in form of a strategy that illustrates the iin'n's operations. Since the objective of implementing BSC is to provide a measurement of the lirm's competency, a matrix is structured as a tool to discover the tirm's performance, which is then linked with its visions and missions discussed previously. This tool consists of lead indicators which function is to stimulate the lirm's effort, along with iag indicators which help assist in the assessment ofthe tirm's performance.
The matrix describes the strategy developed by the inn, which includes the four perspectives mentioned. The strategy is specihed to detennine the targets in which to achieve in terms of completing the tirm?s visions and missions. Furthennore, the matrix should also describe any strategic initiatives in which the tirm should undertake tc complete each of the four perspectives.
Finally, in order to accomplish the targeted strategy, it is essential to examine the relations of each strategy in each of the four perspectives. Hence, by doing so allows the hm1 to assess whether or not these strategies are one part ofa prolonged system.
Indofarma Ltd., one of the largest pharmaceutical companies in Indonesia, has managed to succeed whilst the country's economic condition worsens. This is due tothe increasing market demand of generic medicine instead of common medicine, which are considered being more costly. The circumstance has created a massive opportunity for the tim to expand their wings in this sector. The irm must undoubtedly occupy a competent strategy that underpins the tirm's visions and missions. With the utilization of BSC method, lndofarma Ltd. can tix upon which assessments the irm uses to appraise its perfomience in the previous years, and which measurements will be employed in terms of appraising their strategies until year 2004.

 File Digital: 1

Shelf
 S49963-Puti Annisa M.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S49963
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 94 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49963 14-19-542189970 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247658