Usulan rencana peningkatan kualitas pelayanan pada Hotel Bumi Karsa dengan metode quality function deployment
Yulina Ulfah;
Amar Rachman, supervisor
([Publisher not identified]
, 2001)
|
ABSTRAK lndustri jasa perhotelan yang semakin berkembang, memberikan banyakpilihan bagi konsumen untuk menentukan pelayanan yang sesuai dengankeinginannya. Sehingga konsumen memiliki posisi sebagai penentu keberhasilansuatu produk atau jasa, di mana konsumenlah yang akan menentukan kualitas dari produk atau jasa ltu sendiri.Hotel Bumi Karsa sebagai pendatang baru pada industri jasa perhotelanmemiliki peluang yang besar dalam menarik konsumen dengan fasillitas bintangtiga plus yang dimilikinya, dibandingkan kompetitorya. Namun Hotel Bumi Karsaharus dapat menanamkan kepercayaan kepada konsumennya dengan melakukan peningkatan atau perbaikan kualitas pelayanannya.Usaha peningkatan kualitas dilakukan dengan pengembangan produk ataujasa yang berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen (Voice of Customer).Metode Quality Function Deployment (QFD) menerjemahkan Volce of Customer(VOC) menjadi karakteristik kualitas produk atau jasa, sehingga perencanaan dan pengembangan produk atau jasa yang dilakukan berfokus pada pemenuhankebutuhan dan keinginan konsumen.Dalam memberikan usulan rencana peningkatan kuliatas pelayanan padaHotel Bumi Karsa, dilakukan penyebaran kuesioner kepada konsumen penggunajasa Hotel Bumi Karsa untuk mengidentifikasi VOC yang menjadi input padamatriks House of Qualify (QFD, fase perencanaan). Selanjutnya VOCdikembangkan menjadi respon teknis yang merupakan karakteristik kualitas produk atau jasa, di mana dalam hal ini merupakan rencana operasional peningkatan kualitas pelayanan yang akan dilakukan oleh Hotel Bumi Karsa.Berdasarkan analisa tingkat kepentingan konsumen, tingkat kepuasankonsumen dan rencana strategik pihak manajemen Hotel Bumi Karsa, makaditentukan tingkat kepentingan konsumen secara keseluruhan (Overalllmportance), yang menghasilkan uruian prioritas respon teknis. Respon teknisyang menjadi prioritas tersebut dijadikan sebagai usulan rencana peningkatan kualltas pelayanan pada Hotel Bumi Karsa. |
S50406-Yulina Ulfah.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S50406 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 94 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S50406 | 14-19-365467394 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247667 |