:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peningkatan kualitas program pelatihan sertifikasi ISO 9000-2000 pada klien PT. X dengan menggunakan proses hirarki analitis

Grandhis Helmi H.; Akhmad Hidayatno, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

PT. "X" merupakan sebuah perusahaan jasa konsultan yang mempunyai spesialisasi pekerjaan pada bidang perancangan, pengembangan serta penerapan Manajemen Sistem Informasi. Salah satu bidang pekerjaan yang masuk dalam lingkup kerja PT. "X" adalah proses konsultasi dan sertifikasi ISO. Dalam memberikan konsultasi kepada kliennya, terutama yang ingin mendapatkan sertifikasi ISO 9000:2000, PT. "X" memberikan materi pelatihan dengan mengacu kepada persyaratan yang dikeluarkan oleh ISO. Materi pelatihan yang diberikan dianggap oleh PT. "X" telah cukup untuk dijadikan bekal bagi perusahaan dalam menjalani proses sertifikasi yang akan dilakukan oleh auditor.
Dalam perkembangannya, ada beberapa perusahaan klien PT. "X" yang melaporkan bahwa dalam proses sertifikasi mereka menemui beberapa kesulitan. Kesulitan yang dimaksud adalah bahwa perusahaan merasa kesulitan dalam memenuhi persyaratan sesuai yang tertera di klausul ISO.
Sebagai langkah awal, dilakukan diskusi untuk mengetahui klausul mana saja yang sekiranya berpotensi untuk sulit dipenuhi oleh perusahaan. Klausul yang telah diketahui tersebut kemudian dibuat dalam bentuk kuesioner untuk diisi oleh perusahaan dalam rangka mengetahui secara lebih tepat dan lebih fokus tentang klausul yang sulit dipenuhi.
Setelah klausul utama diketahui, dibuat kuesioner tahap II yang secara lebih detail memfokuskan pada kegiatan mana saja yang sulit dipenuhi.
Hasil dari kuesioner ini kemudian diolah menggunakan perangkat lunak Proses Hirarki Analisis. Dari hasil pengolahan data menggunakan perangkat lunak tersebut, akan didapatkan urutan klausul dan sub-klausul yang dianggap sulit dipenuhi oleh perusahaan. Selanjutnya digunakan diagram sebab akibat untuk melakukan analisis dan menentukan penyebab dari klausul tersebut sulit dipenuhi. Setelah diketahui urutan klausul dan penyebabnya, maka dibuat skema usulan perbaikan modul pelatihan agar permasalahan yang sama dapat dihindarkan di masa yang akan datang.

PT. "X" is a consulting firm specialized in the field of design, development, and implementation of Management Information System. One of the working scope is the consultation and certification process of ISO standard. The consultation service given to the client, especially aiming for the ISO 90002000 standard, using training material which is developed according to the requirements clause issued by the ISO.
During the process of audit and certification, some of the former clients of PT. "X" have reported that they have encountered "some difficulties" in fulfilling the requirements. The "difficulties" here means that the company aiming for the standard feels that they don’t know what to do with the clauses. They understand the clause, but they feel unsure in how do they have to perform an action according to the clause. As a pre-liminary step, a discussion is held to identify clauses which have the potential to be difficult to fulfill. Then, a questionnaire is made from these clauses. Then we ask the companies to till the questionnaire, so that the main clauses can be known. After main clauses have been known, questionnaire phase II is made in order to know the exact sub-clause.
The result of the questionnaire is used as the input to the Analitycal Hierarchy Process (AHP) software. Then the result will be a set of prioritization of the clauses and sub-clauses. After the priority has been known, a cause and effect diagram is used to determine the cause why these clauses is considered to be difficult to fulfill. Then after the priority and the causes have been known, a set of suggestion scheme of the rraining modul is made, so that hopefully PT. "X" can avoid the same problems in the future.

 File Digital: 1

Shelf
 Grandhis Helmi H.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S50158
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 94 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50158 14-22-40452073 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247754