:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan balanced scorecard sebagai alat ukur kinerja pada perguruan tinggi X

M. Asyri Nugraha H.; Isti Surjandari Prajitno, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Balanced scorecard adalah sebuah metode untuk menerjemahkan misi dan strategi perusahaan ke dalam seperangkat ukuran yang menyeluruh dan memberi kerangka kerja bagi pengukuran kinerja dan sistem manajemen strategi perusahaan. Balanced scorecard mengevaluasi kinerja perusahaan dari empat perspektif; keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan.
Dalam merancang balanced scorecard, keterlibatan para ahli perusahaan yang paham akan strategi sangat diperlukan. Atas dasar itulah dalam merancang balanced scorecard untuk Perguruan Tinggi X, digunakan kuisioner untuk melibatkan para ahli dalam menentukan sasaran-sasaran strategis perusahaan. Dengan adanya kuisioner ini diharapkan hasil rancangan scorecard akan lebih objektif dan sesuai dengan kebutuhan institusi.
Dari penelitian ini, diperoleh beberapa sasaran strategis pada tiap perspektif rancangan balanced scorecard Perguruan Tinggi X. Pada perspektif keuangan diperoleh tujuh sasaran strategis. Pada pespektif pelanggan ada lima sasaran strategis, empat sasaran strategis pada perspektif poses bisnis internal dan empat sasaran strategis pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Dari basil evaluasi kinerja berdasarkan data-data yang ada, terlihat bahwa kinerja Perguruan Tinggi X cukup bagus di bidang keuangan. Perguruan Tinggi X perlu menambahkan indeks kepuasan pelanggan sebagai indikator dalam perspektif pelanggan. Produktifitas pegawai mengalami peningkatan setiap tahun meskipun tingkat pertumbuhannya semakin kecil.

 File Digital: 1

Shelf
 S-M. Asyri Nugraha H.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi ; 118 hlm. ; 30 cm. ; lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-85882512 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247872