:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan klinik kesehatan karyawan pada PT. X = Designing health clinic for employees of PT. X

Wicaksono; Teuku Yuri M. Zagloel, supervisor (Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Providing health services is one of the obligation for a company. This obligation is arrange by PP Rl No.14 year 1993 section 2. PT. X is a manufacture company focus in packaging. For several years this company provide health services by participating in JAMSOSTEK program, Rom evaluation results which were conducted to the employees of PT. X was found that the employees is unsatisfied towards the services given by JAMSOSTEK program so they rarely uses those services. While PT. X are still paying considerably expensive monthly fee. Therefore the company feel that paying this fee has become useless because the employees is not using this Services optimally. Therefore the company is intend to build a health clinic inside the company, to facilitate health services for PT. X employees.
ln this research, author try to design an operational system for the clinic. This design of the operational system is limited to type of services, patient flow procedure, and layout design. In the process of designing kind of services, author use a Quality Function Development (QFD) Methods. By using this method, the author try to gather all of the customer requirement for the clinics. After all of the customer requirements for the clinics are gathered, technical response were created to fulfill their requirements. In designing procedure and layout for the clinic, the author conduct field study to one of prominent hospital at the south Jakarta area. Using this data, patient tlow procedure and layout design for the clinic were created.
From processing and analyzing the data, author has identiied that there are ll type of services that the company clinic will provide. For the procedure. The author have create an illustration in form of flowchart which describe patient flow in the clinic, as for the layout of the clinic, author has created layout design for area the size of 23 by 23 meters.

Menyediakan jaminan kesehatan bagi tenaga kerja merupakan salah satu kewajiban bagi perusahaan. Kewajiban ini diatur oleh PP RI No. 14 Tahun 1993 pasal 2. PT. X merupakan perusahaan yang bergerak di industri packaging. Selama beberapa tahuu terakhir perusahaan menyediakan jaminan kesehatan tersebut dengan ikut serta dalam program JAMSOSTEK. Dari hasil evaluasi yang dilakukan kepada karyawan PT X diketahui bahwa para karyawan merasa kurang puas terhadap pelayanan yang di berikan oleh pogram JAMSOSTEK sehingga mereka jarang menggunakan fasilitas tersebut. Sementara itu PT X tetap membayar iuran bulanan yang cukup besar. Oleh karena itu perusahaan merasa bahwa pembayaran iuran tersebut menjadi sia-sia karena para karyawanpun tidak menggunakan fasilitas tersebut secara optimal. Untuk itu perusahaan berniat untuk membuat sebuah klinik di dalam perusahaanmlntuk memfasilitasi jaminan kesehatan bagi karyawan PT X.
Dalam penelitian ini, penyusun mencoba melakukan pendesainan sistem operasional dari kllnik yang akan di buat oleh PT.X. Sistem operasional yang di buat hanya sebatas pada jasa pelayanan klinik, prosedur alur pasien di dalam klinik, dan pengaturan tata letak. Dalam perancangan jasa pelayanan klinik, penyusun menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Dengan rnenggunakan rnetode ini penyusun mencoba menangkap harapan dari karyawan terhadap pelayanan kesehatan yang akan di buat. Setelah diperoleh harapan karyawan maka disusun respon teknis dari klinik untuk memenuhi keinginan tersebut. Untuk perancangan prosedur dan layout penyusun melakukan Studi banding dengan Salah satu rumah sakit temama di bilangan Jakarta Selatan. Dengan data tersebut disusunlah prosedur aliran pasien dan tata letak klinik.
Dari hasil perhitungan dan pengolahan data diperoleh hasil bahwasanya ada 11 jasa pelayanan yang akan diberikan oleh klinik perusahaan. Untuk prosedur, penyusun telah membuat sebuah ilustrasi dalam bentuk diagram alir yang menggambarkan aliran pasien di dalam klinik Sedangkan untuk tata letak klinik, penyusun telah membuat gambar layout dengan kebutuhan luas area sebesar 15 meter x 15 meter.

 File Digital: 1

Shelf
 S50238-Wicaksono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S50238
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 128 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50238 14-21-895167143 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247900