:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penentuan stok optimum dan perancangan database inventori barang jadi di Depo Bali PT X

Rio Closa Sanova; Teuku Yuri M. Zagloel, supervisor (Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Dengan persaingan yang meningkat di dunia industri, lost sales yang terjadi di perusahaan dapat mengakibatkan kerugian yang sangat besar. Kerugian tersebut mencakup kerugian finansial dan kerugian moral. Di dalam kerugian finansial, perusahaan kehilangan potensinya untuk mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan yang mungkin terjadi, sedangkan kerugian moral memiliki dampak yang lebih besar dari kerugian finansial. Kerugian moral terjadi apabila konsumen telah kehilangan kepercayaannya kepada perusahaan. Ketika kepercayaan telah hilang, konsumen akan berpaling ke kompetitor dan perusahaan kehilangan potensi pasamya. Oleh karena itu, PT. X bekerja sebaik mungkin untuk memberikan kepuasan kepada konsumen dan menjaga kepercayaan yang telah diberikan.
Penelitian ini dibatasi hanya pada depo Bali, yang merupakan ujung tombak PT. X di dalam melayani konsumen di pulau Bali. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan jumlah inventori barang jadi yang optimum untuk setiap produk dan mendapatkan rancangan database inventori barang jadi yang menjadi sumber informasi Depo Bali. Penentuan stok optimum dilakukan dengan menggunakan pendekatan ROP (Reorder Point), sedangkan database inventori barang jadi dirancang dengan menggunakan software Mcrosoft Access.

The increasing competition level in industrial world causes a huge lost in a company. The huge lost consists financial lost and morale lost. In financial lost, the company loses its potential to gain profit from sales, meanwhile morale lost has a greater impact. Morale lost happens if costumers loss their faith to the company. When a faith is gone, costumers will go to the competitiors and the company will loss its market. That is why PT. X work as hard as they can to give satisfaction to the costumers and maintanin their faith.
This research limited only in the warehouse in Bah, wahich serve the costumers in Bali island. The research's objective are obtaining the optimum level of finished good inventory for each product and obtaining finished good inventory database. The level of the finsihed good inventories is calculated using ROP (Reorder Point) formula, and the database is designed using Microsof Access Software.

 File Digital: 1

Shelf
 S50055-Rio Closa Sanova.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S50055
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 105 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50055 14-21-889369639 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247912