:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan sistem employee knowledge portal pada RS PGI Cikini

Bernadus Youcke; M. Dachyar, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Dunia saat ini memasuki era globalisasi. Pada era ini kompetitif dan persaingan menjadi suatu hal yang biasa dan setiap perusahaan dituntut untuk semakin mengembangkan usahanya sehingga dapat bertahan dan kemudian memenangkan persaingan dalam pasar. Dalam usaha pengembangan perusahaan ini maka salah satu yang perlu diperhatikan oleh perusahaan adalah dalam penanganan teknologi informasi dan pengetahuan dalam perusahaan.
Berkaitan dengan hal ini, dengan teknologi informasi serta pengetahuan yang dimiliki, perusahaan hams mampu menyelesaikan setiap masalah yang ada, mampu mengambil kesempatan yang ada, mampu menciptakan ide-ide baru yang dapat diterapkan untuk kemajuan perusahaan dan mampu mengambil keputusan yang cepat dan tepat.
Pada penelitian ini dirancang suatu sistem employee knowoledge portal dengan basis manajamen pengetahuan (knowledge portal). Dalam merancang suatu sistem knowledge portal, digunakan metode dalam buku Heidi Colins: Next Generation Portal Solution. Sedangkan dalam pengambilan data, data yang diambil disesuaikan dengan metode SMARTVision yang terdiri dari fase strategi dan model. Fase strategi meliputi 3 prosedur, yakni perencanaan strategi, analisis kebutuhan bisnis, dan penilaian budaya perusahaan. Sedangkan fase model meliputi model konseptual yang terdiri dari knowledge audit dan pengukuran gap dan model fisik yang berisi perancangan prosedur akses, input, dan penyimpanan pengetahuan.
Hasil data-data ini merupakan dasar dalam manajemen pengetahuan yang dibutuhkan untuk perancangan employee knowledge portal. Hasil perancangan sistem employee knowledge portal yang dibuat meliputi prosedur-prosedur berkaitan dengan fungsi portal, prioritas pengembangan pengetahuan, fitur informasi yang akan digunakan, dan sistem pointer ot expert.

The world now has entering the globalization era. In this era, competitive has become something common and every company is demanded to improve its business so they can survive and then win the competition in the market. In the effort to this improvement, one of the things that company should concern is about the arrangement of information technology and knowledge.
Connected with this, with information technology and the knowledge owned, company must solve every problem that is exist, be able to take the opportunity available, be able to create new ideas to company improvement, and be able to take the right decision quickly.
In this research, a employee knowledge portal system is designed with knowledge management as the basic. In designing the knowledge portal, method that is used taken from the book of Heidi Colins: Next Generation Portal Solution. While in the data gathering, the data gathered are based on the SMARTVision method which consist of strategize and model phase. Strategize phase consist of 3 procedures, those are strategic planning, business need analysis, and culture assessment. Therefore model phase consist of knowledge audit and gap measurement, and physical modeling which is composed of procedures for access, input, and storage.
The results of these data are the basic of knowledge management which needed in designing the employee knowledge portal. The results of designing employee knowledge portal system include procedures connected with the portal function, knowledge improvement priority, information fitur that will be used, and pointer to expert system.

 File Digital: 1

Shelf
 S50013-Bernadus Youcke.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S50013
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 155 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50013 14-22-78400221 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247916