:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Usulan perancangan sistem manajemen pengetahuan di Departemen Personel and GS Bakrie Tosanjaya

Dendi Riandi; Boy Nurtjahyo Moch., supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Pada era kompetisi seperti sekarang ini, perusahaan yang akan memenangkan persaingan adalah perusahaan yang tidak hanya memiliki aset tangibel saja, namun juga yang memiliki aset intangible yaitu pengetahuan yang paling optimal. Aset pengetahuan inilah yang akan mempengaruhi kemajuan serta daya saing perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Untuk itu diperlukan suatu usaha dari perusahaan untuk bisa mengembangkan aset yang berharga ini dan mencoba mengatasi berbagai masalah yang timbul yang berhubungan dengan pengetahuan seperti keluarnya pegawai berkualitas dari perusahaan, tidak adanya pengelolaan yang baik terhadap pengetahuan serta kurangnya utilisasi teknologi informasi. PT Bakrie Tosanjaya sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif sangat membutuhkan adanya pengaturan yang baik terhadap pengetahuan yang ada di dalamnya sehingga dapat dimanfaatkan dan digunakan setiap saat.
Pada penelitian ini dirancang suatu sistem manajemen pengetahuan untuk mengelola pengetahuan yang ada di Departemen Personnel and GS dengan menggunakan metode SMARTVision sampai dengan fase strategi dan model. Fase strategi terdiri dari 3 prosedur yaitu perencanaan strategi, analisis kebutuhan bisnis dan penilaian terhadap budaya perusahaan. Sedangkan fase model terdiri dari membuat model konseptual yaitu melakukan audit pengetahuan dan pengukuran gap serta membuat model fisik yaitu perancangan prosedur akses, input, ouput, penyimpanan dan pendistribusian serta pembuatan prototipe visual dari sistem.
Hasil perancangan sistem manajemen pengetahuan ini meliputi pemetaan pengetahuan dari masing-masing divisi, gap pengetahuan yang terjadi, nama-nama referensi pengetahuan, nama-nama ahli pengetahuan, pengembangan pengetahuan, serta prosedur, kerangka konsep dan prototipe visual dari sistem manajemen pengetahuan yang dibuat.

In this competition era, company which will win the competition is the company that not only have tangibel asset, but also intangible asset. According to the previous study intangible asset is the most optimal knowledge. This asset of knowledge that can infleuence the company's power to compete and to do its business. For all that, an effort is urgently required from company to be able to develop this valuable asset and to overcome various problems that appear which deal with knowledge such as retirement of qualified workers from company, lack of good knowledge management, and also low utilization of information technology for knowledge management. As a company who works on automotif field, PT Bakrie Tosanjaya really need a good knowledge management that can be utilized and used all the time by all resources in the company.
In this research, knowledge management system is designed to manage knowledge which exist at Departement of Personnel and GS by using SMARTVision method which consist of Strategize and Model phase. Strategize phase consist of 3 procedures, which are perform strategic planning, perform business need analysis and conduct company cultural assesment. Model phase consist of perform conceptual modelling which stand of conduct knowledge audit and perform knowledge gap analysis and also perform physcal modeling which stand of develop framework for acces, input/update, storage and eventual distribution and use and construct a visual prototype of the system.
The result of this knowledge management system design comprises knowledge mapping from each Division, knowledge gap measurement, knowledge references, experts list, knowledge development, and also procedures, concept framework and visual prototype of the knowledge management system.

 File Digital: 1

Shelf
 S50010-Dendi Riandi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S50010
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 140 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50010 14-22-11087668 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247935